Ini Loh 11 Manfaat Kolang Kaling untuk Anda

kolang kaling inewsonline.co.id
kolang kaling (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kolang-kaling (buah atap) adalah nama camilan kenyal berbentuk lonjong dan berwarna putih transparan dan mempunyai rasa yang menyegarkan.

Kolang kaling dalam bahasa Belanda biasa disebut glibbertjes yang secara harafiah berarti “benda-benda licin kecil” ini dari biji pohon aren (Arenga pinnata) yang berbentuk pipih dan bergetah.

kolang kaling inewsonline.co.id
Pohon Enau (Foto web)

Kolang kaling biasanya membakar buah aren sampai hangus, kemudian diambil bijinya untuk direbus selama beberapa jam. Biji yang sudah direbus selanjutnya direndam dengan larutan air kapur selama beberapa hari sehingga terfermentasikan.

Baca Juga: 14 Manfaat Daun Jambu Batu

Kolang kaling sangat populer dijadikan campuran es buah ataupun cendol. Di dalamnya memiliki berbagai manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Memperkuat Tulang

100 gram kolang-kaling mengandung 91 mg kalsium. Dengan mengonsumsinya bisa dijadikan alternatif yang cukup baik sebagai sumber kalsium selain dari susu.

  1. Makanan Diet

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahlinya bahwa pada 100 gram buah kolang-kaling mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, kadar abu sebesar 1 gram, dan serat kasar sebesar 0,95 gram. 

kolang kaling inewsonline.co.id
Foto web

Kadar air pada buah kolang-kaling mencapai 94 persen. Kadar air tinggi tersebut membuat buah kolang-kaling menjadi sangat segar di tubuh.

Kemudian pada kolang kaling juga terkandung gelatin yang memiliki efek bagi yang mengonsumsinya akan timbul rasa kenyang.

  1. Obat Radang Sendi

Kolang-kaling memiliki kandungan zat galaktomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau meredakan penyakit pada radang sendi. 

Jika anda dalam proses pengobatan, maka dapat mengonsumsi sebanyak 100 gram atau lebih per hari. Caranya, direbus tanpa memakai segala macam perwarna dan gula.

  1. Kaya Kandungan Serat

Buah kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak. Dimana serat ini sebuah zat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan kita. Dengan begitu, dapat terhindar susah buang air besar, sembelit bahkan diare. 

  1. Kaya Kalsium

Buah kolang kaling kaya akan kalsium yang sangat baik untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan tulang, gigi dan persendian tubuh. Dengan mengonsumsi 100-200 gram setiap hari (tanpa pemanis buatan/pewarna) dapat mencegah dan mengobati masalah pada radang persendian.

kolang kaling inewsonline.co.id
foto web
  1. Obat Gatal

Konon buah Kolang kaling bermanfaat sebagai obat gatal pada tubuh. Meski begitu, dibutuhkan tutorial dari orang yang sudah dan pengalaman dalam mengobati gatal.

  1. Obat Kanker

Kanker merupakan salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) penyakit kanker telah mengakibatkan kematian sekitar 9,8 juta orang pada tahun 2018. Sehingga sejak dini harus ada upaya pencegahan. Cara mudah untuk mencegah penyakit kanker ialah mengonsumsi kolang-kaling.

Dilansir kanker kolorektal. Selain itu, manfaat kolang-kaling juga dapat membantu mendorong makanan dalam usus. Sehingga hal ini berfungsi efektif dalam melancarkan pencernaan dan mencegah menurunkan kolesterol dalam tubuh.dari laman Healthline, kolang-kaling mengandung serat yang dapat menurunkan risiko penyakit

  1. Mencegah Anemia

Anemia merupakan penyakit yang disebabkan karena kekurangan sel darah merah. Umumnya anemia ditandai dengan beberapa gejala, seperti sesak napas, pusing, kelelahan hingga detak jantung cepat. Salah satu cara mencegah penyakit anemia ialah mengonsumsi kolang-kaling.

Dilansir dari laman Healthline, kolang-kaling memiliki kandungan zat besi yang berperan penting dalam memasok oksigen ke berbagai jaringan tubuh. Sehingga hal ini berfungsi efektif membantu tubuh dalam mencegah terjadinya anemia.

  1. Cegah Penyakit Jantung

Manfaat kolang-kaling berikutnya ialah dapat mencegah penyakit jantung. Pasalnya kolang kaling mengandung serat yang dipercaya dapat membantu membersihkan sistem pembuluh darah. Sehingga hal ini berfungsi efektif dalam mencegah penyakit jantung.

Mengonsumsi kolang kaling secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sehingga hal ini sangat efektif mencegah berbagai macam penyakit kronis lainnya, seperti kanker dan stroke.

  1. Jaga Kesehatan Kulit

Selain dapat membantu mencegah berbagai macam penyakit kronis, kolang kaling juga berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan kulit. Kolang kaling memiliki kandungan kolegan yang berperan penting dalam membantu meremajakan kulit. Sehingga kulit tampak lebih sehat dan akan membuat Anda terlihat awet muda.

  1. Mengatasi Sembelit dan Diare

Manfaat kolang-kaling berikutnya ialah mengatasi sembelit dan diare. Kolang kaling merupakan sumber serat yang berperan penting melancarkan pencernaan, sehingga berfungsi efektif mengatasi sembelit dan diare. Mengonsumsi sebanyak 6 hingga 9 butir kolang kaling dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here