Ini Loh Manfaat Peace Lily untuk Bersihkan Udara

peace lily inewsonline.co.id
Peace Lily (Foto Web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Peace Lily tidak termasuk dalam anggota Lilium spp, melainkan keluarga Araceae.

Bunga bernama ilmiah Spathiphyllum wallisii ini memiliki warna putih yang menawan. Selain warnanya indah, ada manfaat lain yang menjadikan Peace Lily layak ditanam di sekitar rumah kita.

peace lily inewsonline.co.id
Peace Lily (Foto Web)

Baca Juga: Ini Loh Tips Merawat “ Miss V “ Agar Tetap Sehat

Merawat bunga Peace Lily itu sangat mudah jika sudah mengtahui syarat dan kebutuhan hidupnya. Terlepas dari jenis yang anda miliki, hampir semua jenis bunga ini butuh perawatan yang hampir sama.

Jika sampai hari ini anda masih bingung cari cara bagaimana merawatnya agar terlihat segar dan mengkilap. 

Baca Juga: 13 Manfaat Garam Dapur untuk Ibu Rumah Tangga

Tanaman ini termasuk dalam kategori tanaman indoor unggulan dengan keindahan dan kemampuannya dalam menyerap racun di udara. Banyak studi telah dilakukan untuk tanaman satu ini dan hasilnya memang luar biasa.

Media tanam yang digunakan haruslah porous dan dapat menyimpan kelembaban. Akar Peace Lily teksturnya lunak sehingga media tanam yang digunakan tidak boleh terlalu padat. Jangan gunakan tanah saja melainkan media tanam campuran yang bisa anda racik sendiri.

Contohnya adalah, Tanah gembur + sekam mentah + kompos, Humus + sekam bakar + kompos, Sekam + kompos, Tanah berpasir + sekam mentah + kompos dan Cocopeat + sekam mentah.

Jangan menggunakan pupuk kandang baru karena masih mengandung amonia yang sangat tinggi. Pupuk kandang bisa digunakan setelah terurai / diurai menjadi kompos. Dengan media tanam tersebut akan tumbuh sangat subur.

Penyiraman

Merawat tanaman Peace Lily yang benar tak bisa lepas dari cara penyiraman yang benar pula karena tanaman ini tidak tahan terhadap kekeringan.

Jika telat menyiram, tanaman akan layu. Sirah sehari dua kali jika memang temperature sedang naik. Jika tempatnya teduh seperti di dalam ruangan, maka penyiraman bisa dilakukan 3-5 hari sekali.

Pemupukan

Peace Lily cenderung suka diet nutrisi, tapi pemberian pupuk secara rutin bisa dilakukan agar tanaman cepat beranak pinak.

Kalau hanya untuk dekorasi ruangan, pemupukan dapat dilakukan setiap 6 bulan sekali (1 tahun 2 kali).

Pupuk yang digunakan bisa berupa pupuk slow release, pupuk tabur, maupun pupuk daun. Mengenai konsentrasinya anda bisa memilih jenis pupuk dengan konsentrasi NPK seimbang.

Cara Memperbanyak Menggunakan Teknik Split

Jika anda berencana untuk memperbanyak dan kemudian merawat tanaman ini, maka caranya sangat mudah. Pilih rumpun indukan yang bagus kemudian bongkar rumpun tersebut dari pot.

Setelah dibongkar anda bisa split setiap batang tanaman untuk ditanam secara individu. Pastikan akarnya ikut ya. Kalau akarnya terpotong akan sulit untuk hidup.

Setelah batang individu ditanam langkah selanjutnya jaga kelembaban media dan tempatkan plant baru dilingkungan yang benar-benar teduh (intensitas cahaya 20-30 persen).

Setelah akar jalan biasanya akan segera muncul tunas baru. Setelah tunas baru muncul, anda bisa memberi pupuk sekali saja.

Mengurangi spora jamur di udara

Spora jamur dapat terbawa oleh udara, kemudian berkembang di tempat-tempat yang lembap. Sementara, buat kamu yang alergi atau sensitif terhadap spora, dapat mengalami iritasi pada mata maupun kulit. Efek lainnya, kamu bisa mengalami gangguan pernapasan. 

Dilansir laman Balcony Garden Web, bunga peace lily dapat mengurangi spora di udara dengan cara menyerapnya. Jadi, kamu bisa meletakkannya di tempat-tempat lembap.

  1. Mengurangi perkembangan jamur di kamar mandi

Selain mampu mengurangi spora di udara, peace lily juga dapat mengurangi kelembapan udara dengan cara menyerapnya. Bunga ini dapat hidup di tempat yang memiliki kelembapan tinggi.

Kamar mandi dan wastafel merupakan salah satu tempat paling lembap di rumah. Kamu bisa meletakkan bunga tersebut di dalamnya. Selain mempercantik dekorasi, kamu juga tidak perlu khawatir terhadap dinding atau tirai kamar mandi yang berjamur.

  1. Menyerap Uap Aseton

Udara di dalam ruangan belum tentu bebas dari polutan, bahkan produk yang kamu gunakan bisa mengeluarkan uap yang berbahaya, lho. Cat, pernis, penghapus cat kuku, dan alkohol gosok mengandung aseton dan alkohol yang uapnya dapat berbahaya bagi kesehatan.

Uap tersebut dapat terbawa oleh udara dan jika kamu terpapar secara berlebihan. Kamu pun bisa mengalami sakit kepala hingga tekanan darah rendah.

Dilansir laman Gift a Love, bunga peace lily dapat menyerap gas-gas tersebut dan mengendalikannya di dalam ruangan. Jadi, kamu bisa meletakkan bunga tersebut dalam pot kecil di beberapa sudut ruangan.

  1. Membersihkan Udara

Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa udara di dalam ruangan belum tentu terbebas dari polutan. Namun, kamu bisa menguranginya dengan menggunakan ventilasi dan tanaman di dalam ruangan yang tepat. 

Menurut eksperimen yang telah dilakukan NASA, peace lily efektif untuk menyerap benzena, formaldehyde, dan karbon monoksida sehingga kamu bisa mencoba menanamnya di dalam ruangan. 

Membantu peningkatan kualitas tidur

Kemampuan peace lily dalam menyerap polutan dapat membantu meningkatkan kualitas udara. Selain itu, bunga ini dapat mengontrol kelembapan dan membuat ruanganmu semakin nyaman untuk dihuni. 

Jika kamu meletakkan bunga tersebut di dalam kamar tidur, kualitas udara di dalam ruangan akan meningkat. Daun dan bunganya yang cantik dapat membuat tubuh serta pikiranmu semakin rileks. Hal tersebut dapat membantu meningkatkan kualitas tidurmu.

Itulah tadi kelima manfaat bunga peace lily. Tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga dapat mengurangi polutan di udara. Selain itu, bunga ini mudah beradaptasi dan tidak memerlukan perawatan ekstra.

(Bambang Fouristian/fokusjabar.id) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here