Insomnia Bisa Diatasi dengan 8 Cara Sederhana Ini

insomnia inewsonline.co.id
ilustrasi (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Insomnia atau gangguan tidur di malam sangat mengganggu. Pasalnya, tidur merupakan kebutuhan mendasar yang sangat penting dan harus dicukupi.

Orang yang mengidap insomnia umumnya memiliki waktu tidur yang kurang dan tidak berkualitas. Kabar buruknya, gangguan tidur di malam hari bisa memengaruhi aktivitas sepanjang hari.

Sebenarnya, waktu yang dibutuhkan untuk tidur bisa berbeda-beda pada setiap orang. Itu  tergantung usia gaya hidup serta faktor lingkungan.

Baca Juga: 5 Tips Agar tidak Ejakulasi Dini

Namun secara umum, orang dewasa membutuhkan tidur malam setidaknya 7-8 jam dalam satu hari.

Insomnia ditandai dengan gejala susah tidur, sering terbangun di malam hari serta tidak bisa tidur meski merasa lelah.

Tidur yang cukup bisa dianggap barang mahal. Terlebih bagi Anda yang memiliki jadwal yang sangat padat setiap harinya.

Belum lagi bagi Anda yang dituntut untuk lembur, tidur yang berkualitas kadang sangat sulit untuk diperoleh. Ketika sudah tiba waktunya untuk tidur, tidak jarang kita merasa sulit.

Nah, bagaimana cara mengatasi susah tidur? Tentunya pembaca setia FOKUSJabar harus memperhatikan faktor penyebabnya.

Yuk, kita kenali penyebab susah tidur dan cara mengatasinya:

Insomnia merupakan suatu kondisi saat seseorang sulit untuk memulai tidur, sulit untuk tetap tidur atau bangun terlalu cepat dan sulit untuk kembali tidur.

Berikut beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami insomnia. Di antaranya:

Stres

Kondisi stres yang Anda alami dapat memengaruhi kualitas dan kuantitas tidur Anda. Saat stres, pikiran Anda akan tetap aktif pada malam hari, sehingga sulit tidur.

Jadwal yang Padat

Ritme sirkadian yang merupakan jam internal di dalam tubuh sangat dipengaruhi oleh siklus tidur-bangun, metabolisme, dan suhu tubuh Anda.

Jika kondisi ini terganggu, salah satunya karena jadwal yang terlalu padat sehingga waktu tidur Anda dapat terganggu.

Kebiasaan Tidur yang Buruk

Kebiasaan tidur yang buruk adalah waktu tidur yang tidak teratur. Banyak aktivitas sebelum tidur, bekerja, makan dan menonton di tempat tidur dapat membuat Anda sulit untuk tidur.

Makan Terlalu Banyak Jelang Tidur

Tidak salah jika Anda ingin konsumsi camilan ringan sebelum tidur. Namun, tidak disarankan untuk makan terlalu banyak karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika Anda berbaring.

Terlebih jika Anda memiliki riwayat penyakit maag. Sebaiknya, beri jarak makan 2 jam sebelum berbaring agar asam lambung tidak naik.

Cara Sederhana Atasi Insomnia

Faktor penyebab insomnia bisa bermacam-macam. Mulai dari akibat gaya hidup, masalah kenyamanan ruangan kamar, hingga adanya gangguan psikologi, masalah kesehatan fisik dan efek samping obat-obatan.

Penting untuk mengetahui apa penyebab dari insomnia, sehingga gangguan tidur ini bisa dengan mudah diatasi.

Ada berbagai cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia. Di antaranya:

  1. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup menjadi salah satu faktor pemicu insomnia. Kebiasaan merokok, konsumsi kafein berlebihan, makanan tidak sehat, hingga kurang bergerak bisa meningkatkan risiko gangguan tidur menyerang.

Untuk mengatasinya, coba terapkan gaya hidup sehat, misalnya dengan berhenti merokok dan konsumsi makanan yang kaya kandungan nutrisi.

  1. Atur Jadwal Tidur

Mengatur jadwal tidur bisa memudahkan tubuh beristirahat, sehingga terhindar dari insomnia. Waktu tidur yang tidak tetap atau sering berubah-ubah juga menjadi pemicunya karena dapat mengganggu ritme sirkadian yang berfungsi mengatur metabolisme tubuh.

  1. Suasana Kamar yang Nyaman

Bisa jadi, susah tidur terjadi karena suasana kamar yang tidak nyaman. Kalau terjadi secara berkepanjangan, cobalah untuk mengubah pengaturan kamar atau ganti lampu tidur menjadi lebih redup.

Anda juga bisa mencoba mengatur suhu kamar agar tubuh terasa lebih hangat.

  1. Konsumsi Makan Sehat

Hindari mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein sebelum tidur. Sebab, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung 400 miligram kafein enam jam sebelum tidur dapat memengaruhi kualitas tidur.

Selain kafein, meminum alkohol memang dapat membuat seseorang mudah tertidur, tetapi tidak bisa sampai membuat kamu terlelap.

  1. Olahraga

Mengatasi susah tidur juga bisa dilakukan dengan rutin melakukan aktivitas fisik (berolahraga). Rutin berolahraga sudah terbukti bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berolahraga bisa membantu mengatur suasana hati, memberi energi lebih pada tubuh, menurunkan berat badan, serta membuat tidur lebih berkualitas.

  1. Segelas Susu Hangat

Susah tidur di malam hari salah satunya bisa terjadi karena adanya gangguan pada melatonin. Yaitu hormon yang berperan dalam mengatur pola tidur dan bangun tubuh.

Kalau anda mengatasi susah tidur, cobalah untuk mengonsumsi segelas susu hangat pada malam hari atau menjelang waktu tidur.

Susu memiliki kandungan kalsium yang membantu otak memproduksi hormon melatonin, sehingga masalah insomnia bisa dihindari.

  1. Mandi Air Hangat

Salah satu cara mengatasi susah tidur secara alami yang paling efektif untuk mengatasinya adalah dengan mandi air hangat sebelum tidur. Pasalnya, setelah mandi, badan akan menjadi rileks dan membuat Anda cepat mengantuk.

  1. Letakkan Bantal di Kaki

Bagi beberapa orang, susah tidur datang karena punggung terasa nyeri. Punggung. Cara mengatasi secara alami adalah dengan meletakkan bantal di antara kaki untuk menyelaraskan pinggul.

Jika Anda tidur telentang, selipkan bantal di bawah lutut untuk meringankan rasa sakit.

Kalau susah tidur sudah mulai mengganggu aktivitas dan tidak kunjung membaik, segera periksakan diri ke dokter.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here