Jamur Tiram Aroma Bawang ‘Made In’ BUMDes Jembar Rahayu Garut

Jamur tiram buatan BUMDes Jembar Rahayu Situsari

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Jamur jenis Tiram produk asli Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jembar Rahayu Situsari Kecamatan Karangpawitan Garut memang memiliki rasa khas yaitu aroma bawang.

Demikian diungkapkan Kepala Desa Situsari, Santi Cahyati. Menurutnya, salah satu produk unggulan BUMDes Jembar Rahayu ini adalah jamur tiram. Dimana jamur ini memiliki rasa yang berbeda dengan jamur produk lainnya.

” Jamur ini memiliki keistimewaan yaitu memiliki aroma bawang,” kata Ceu Isoh (sapaan akrab Santi Cahyati) kepada iNEWSOnline.co.id, Kamis (4/6/2020).

Disebutkan Ceu Isoh, BUMDes baru memiliki 3100 Bagrog. Dan seiring pesat dan permintaan akan jamur maka direncanakan akan ditambah 10 ribu Bagrog.

” Permintaan akan jamur sangat tinggi. Maka kedepan akan ditambah kembali,” imbuhnya.

Dijelaskan dia, budidaya jamur tiram ini tidak terlalu sulit. Dimana hanya menjaga kelembaban serta dilakukan penyemprotan selama satu Minggu sekali.

” Jamur sudah bisa dipanen ketika menginjak usia 5 bulan. Dan masa panen dalam kurun dua hari satu kali,” terang Isoh.

Untuk pemasaran sendiri, lanjut dia, tidak perlu susah payah karena pemuda Situsari sudah ada yang siap memasarkan termasuk kepada supermarket yang intens meminta disuplai jamur.

” Alhamdulilah, hasil produksi jamur BUMDes Jembar Rahayu sukses dipasaran. Bahkan permintaan terus bertambah,” tutup Ceu Isoh.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here