Jeruk Nipis Dipercaya Bisa Atasi 5 Masalah Kesehatan

jeruk nipis inewsonline.co.id
Jeruk Nipis (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Jeruk Nipis (Lat Citrus aurantifolia; Famili: Rutaceae) merupakan jenis tumbuhan yang masuk kedalam suku jeruk-jerukan, tersebar di Asia dan Amerika Tengah dikenal juga sebagai jeruk pecel.

Pohonnya mencapai tinggi 3—6 meter, bercabang banyak dan berduri, daun lonjong, tangkai daun bersayap kecil. Perbungaan muncul dari ketiak daun dan bunga kecil, putih berbau harum. Buah bulat sampai bulat telur, berwarna hijau sampai kuning dan kulit buah tipis mengandung banyak minyak Atsiri. 

jeruk nipis inesonline.co.id
Jeruk Nipis (foto web)

Baca Juga: 7 Manfaat Jambu Monyet untuk Anda

Daging buah berwarna putih kehijauan, sangat asam, mengandung banyak vitamin C dan asam sitrat. Biji banyak, kecil, bersifat poliembrioni.

Di Indonesia dapat hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1000 m dari permukaan laut. Tumbuh baik di tanah alkali, di tempat-tempat yang terkena sinar matahari langsung. Perbanyakan dengan biji, okulasi atau cangkok.

Buahnya digunakan untuk membuat minuman, obat batuk dan penyedap masakan dan juga sering dipakai untuk menghilangkan karatan dan mencuci rambut

Jeruk Nipis dikenal sebagai salah satu buah yang mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan karena kandungan vitamin C yang melimpah.

Diantaranya: meningkatkan kemampuan imun, menyeimbangkan pH Balance tubuh, memperbaiki kesalahan saluran cerna, melarutkan asam urat, mengobati masalah lambung seperti maag, meningkatkan daya penglihatan, encegah kanker leukimia, lambung dan usus besar.

Membunuh cacing dalam usus, membunuh bakteri, menguatkan pembuluh darah, membantu pengobatan hipertensi, menyehatkan ginjal, menurunkan berat badan, cocok dikonsumsi oleh ibu hamil, mengobati batuk, meredakan infeksi pada tenggorokan.

Menurunkan panas demam akibat malaria, mengencerkan dahak di tenggorokan, mengobati sakit gigi, mengobati amandel secara alami, mengobati bagian tubuh yang terkilir, mengatasi bau badan, mengobati gangguan otak, mengatasi menstruasi yang tidak teratur.

jeruk nipis inewsonline.co.id
(foto web)

Mencegah penyakit jantung, menyembuhkan infeksi pada sistem kemih, mengobati ambeien, mengontrol kadar gula darah, mengobati jerawat dan memudarkan bekasnya, mengencangkan dan mencerahkan kulit wajah, membuat kulit tampak awet muda, mengatasi rambut rontok dan menghilangkan ketombe.

  1. Mengobati Jerawat

Oleskan air perasan jeruk nipis pada jerawat kemudian diamkan selama 30 menit, setelah itu bilas wajah dengan air. Terapkan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal.

  1. Mengobati batuk

Peras 1 buah dan ambil airnya. Setelah itu campurkan air perasan tersebut dengan 1 sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga tercampur rata kemudian konsumsi 2-3 kali sehari.

  1. Mengobati radang tenggorokan

Ambil setengah buah  lalu peras dan ambil airnya. Campurkan air perasan tersebut dengan setengah gelas air hangat dan minumlah. Cara ini dapat anda terapkan 2-3 kali sehari.

  1. Menghilangkan lendir di tenggorokan

Potonglah 2 buah Jeruk Nipis dan peras untuk mengambil airnya. Setelah itu campurkan air perasan dengan sedikit garam. Aduk hingga rata, lalu diminum.

  1. Mengatasi haid tidak teratur

Caranya yakni dengan mencampurkan 3 sendok makan air perasan jeruk nipis, 1 sendok makan madu, dan 2 gelas air panas. Setelah itu aduk hingga rata lalu minumlah saat sudah hangat. Terapkan cara ini 3 kali sehari. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here