Kades Pasangrahan Garut Fokus Bangun Turap, TPT dan Rabat Beton Jalan Desa

Kades Pasangrahan, Rosidin Muharam

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Desa Pasangrahan salah satu desa di Kecamatan Sukawening, Kabupaten Garut yang memiliki infrastruktur Jalan Desa paling panjang sekitar 9 km.

Demikian dikatakan Kepala Desa (Kades) Pasangrahan, Rosidin Muharam. Menurut dia, pihaknya telah merealisasikan anggaran Dana Desa (DD) 2019 tahap pertama untuk pembangunan Dinding Penahan Tanah (Turap) yang berlokasi di Kampung Sokol Dusun 2 dan pembangunan TPT di Kampung Lereng.

“ DD tahun anggaran 2019 tahap pertama kami alokasikan ke pembangunan Turap dan TPT dengan total anggaran sebesar Rp200 juta,” kata Rosidin disela-sela pemantauan kegiatan realisasi pembangunan DD, Minggu (7/7/2019).

Sementara DD tahap 2 lanjut Rosidin, dialokasikan untuk pembangunan rabat beton Jalan Desa di Kampung Sokol,  Lamencilan,  pembuatan lapang Volly di belakang Kantor Desa dan pengeboran air bersih.

“ Seluruh kegiatan pembangunan di tahap 2 menyerap anggaran sebesar Rp300 juta,” ungkap Rosidin.

Rosidin mengaku, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sejak dibentuk 2017-2019 mendapat penyertaan modal. Tahun 2017 sebesar Rp40 juta, 2018 (Rp80 juta) dan tahun 2019 mendapat penyertaan modal sebesar Rp100 juta.

BUMDes Pasangrahan fokus di penyediaan sembako, pertanian dan  peternakan. Tahun ini, bergerak di peternakan Ayam Buras.

“ Insya Allah, tahun ini, BUMDes mendapat tambahan penyertaan modal sebesar Rp30 juta di tahap ke-3,” beber Rosidin.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here