Kelurahan Babakan Sari Bandung Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana di Garut

Keluarahan Babakan Sari Bandung Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana di Garut (Foto Sifath)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Sedikitnya 200 peserta yang terdiri dari Ketua RT/RW, Karang Taruna, LPM dan TP PKK Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Kabupaten Bandung mengikuti pelatihan Mitigasi Bencana dan penggunaan alat pemadam api ringan di area obyek wisata Darajat Pass, Kabupaten Garut, Rabu (2/10/2019) kemarin.

Keluarahan Babakan Sari Bandung Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana di Garut (Foto Sifath)

Menurut Lurah Babakan Sari, Heri Susanto, dalam giat tersebut pihaknya menghadirkan nara sumber dari wilayah setempat. Diantaranya, Wawan dari Satuan Relawan Kebakaran (Satlakar) bersertifikat Nasional dan Dedi  dari bagian  Pencegahan Kebakaran Disdamkar Kabupaten Garut.

Adapun yang mendasari pelatihan tersebut, karena masih banyak warganya dari 7 ribu Kepala Keluarga (KK) yang belum memahami pencegahan kebakaran. Terlebih, Kelurahan Babakan Sari termasuk daerah padat penduduk.

Lebih jauh Heri menjelaskan, kebakaran merupakan ancaman yang bisa mengakibatkan kerugian materil. Bahkan, bisa merenggut korban jiwa. Hal tersebut kata Heri, tentu sangat tidak diharapkan terjadi. Maka, upaya tepat pencegahan dini penting dipahami masyarakat.

 “ Untuk mencegah dan mengurangi dampak yang ditimbulkan, diperlukan pengetahuan. Maka, program kegiatan yang bersumber dari DAU  (2019), kita fokuskan ke pelatihan ini,“ beber Heri.

Selain itu tambahnya, diarahkan pula pada program kegiatan pemerdayaan ekonomi. Seperti pembuatan pernak-pernik berbahan dasar akrilik. Dimana prosfeknya terbilang bagus. Dengan begitu diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi penghasilan warganya.

“ Sedangkan untuk program kegiatan keagamaannya adalah mengikutsertakan sejumlah warga dalam pelatihan memandikan dan mengkapani jenazah,“ pungkasnya.

(Sifath/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here