Ketua Fraksi Demokrat: Sukaluyu Berpotensi Jadi Desa Wisata

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Ketua Fraksi Demokrat Kabupaten Garut, Cucu Suhendar, blusukan menjamah kawasan Bumi Cibatu Agung (BCA) yang rencananya akan dibangun kebun mawar di atas tanah carik desa.

” Setelah saya lihat, Sukaluyu sangat berpotensi menjadi desa wisata. Dimana banyak sekali potensi atau keindahan yang bila di eksplor akan menarik wisatawan,” kata Cucu kepada iNEWSOnline.co.id, Sabtu (28/9/2019).

Disebutkan Cucu, setidaknya ada tiga potensi diantaranya, wisata religi, wisata pertanian holtikultura (kebun mawar) dan terdapat situ Jaruju.

” Yang paling menonjol adalah rencana dibangun kebun mawar selain sangat mempesona, juga hasil pertaniannya (mawar) bisa diolah menjadi sabun mawar, teh mawar dan lainnya,” imbuhnya.

Ketua Fraksi Demokrat, Cucu Suhendar saat berdialog dengan tokoh masyarakat

Disebutkan politisi besutan SBY, yang harus dipikirkan bersama adalah pembangunan infrastruktur menuju lokasi. Mengingat jalannya masih kecil meskipun sudah di rabat beton.

” Akses jalan masih sempit perlu pelebaran. Atau kalau tidak bisa, maka bisa disiasati dengan disediakan lahan parkir dan pengunjung ditarik dengan jasa angkutan,” terangnya.

Selain infrastruktur, lanjut dia, hasil dari kebun mawar tersebut harus dari sekarang dipikirkan. Dimana nantinya bisa melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Peran BUMDes nantinya sangat vital dimana segi pemasarannya dikelola dan diatur, yang jelas harus menguntungkan petani.

” BUMDes mengambil peran sebagai pemasar atau bagian pemasaran,” sebut Cucu.

Dengan melihat potensi yang ada, dirinya berupaya akan membantu penataan infrastruktur yang tidak tercover oleh Dana Desa (DD).

” Kita lihat saja dulu, kalau masih ada peluang maka akan dimasukan bantuan aspirasi di tahun 2020, kalau tidak maka ditahun berikutnya,” pungkas Cucu.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here