Kubis Dipercaya Bisa Atasi 11 Penyakit

kubis inewsonline.co.id
Kubis (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kubis atau kol terdiri dari beberapa kelompok kultivar dari Brassica oleracea adalah tanaman dua tahunan hijau atau ungu berdaun. Ditanam sebagai tanaman tahunan sayuran.

Erat kaitannya dengan tanaman cole lainnya, seperti brokoli, kembang kol, dan kubis brussel, itu diturunkan dari B. oleracea var. oleracea, kol adalah sayuran yang berlapis-lapis.

Sulit untuk melacak sejarah yang tepat dari kol, tetapi itu kemungkinan besar didomestikasi di suatu tempat di Eropa sebelum 1000 SM. Pada Abad Pertengahan, kol telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa.

Baca Juga: 10 Rahasia Manfaat Delima dan Cara Menanamnya

Banyak bentuk, warna dan tekstur daun dapat ditemukan dalam berbagai varietas yang dibudidayakan. Jenis daun umumnya dibagi antara savoy daun berkerut kepala longgar dan kol daun halus kepala keras.

sedangkan spektrum warna termasuk putih dan berbagai hijau dan ungu. Ada bentuk bulat pepat, bulat dan runcing.

sayuran ini telah diseleksi secara buatan untuk berat kepala dan karakteristik morfologi, kekerasan, pertumbuhan yang cepat dan kemampuan penyimpanan. Munculnya kepala kubis telah dianggap penting dalam seleksi buatan, dengan varietas yang dipilih untuk bentuk, warna, kekerasan dan karakteristik fisik lainnya.

Tujuan pembiakan sekarang fokus pada peningkatan ketahanan terhadap berbagai serangga dan penyakit dan meningkatkan kandungan nutrisi kol. Penelitian ilmiah terhadap modifikasi genetik tanaman B. oleracea, termasuk kol, mencakup eksplorasi Uni Eropa dan Amerika Serikat dari resistensi serangga dan herbisida yang lebih besar. Tanaman B. oleracea yang dimodifikasi secara genetik saat ini tidak digunakan dalam pertanian komersial

Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (Food and Agriculture Organization, FAO) melaporkan bahwa Kol merupakan sumber vitamin K, vitamin C dan serat pangan.

Dalam dunia pengobatan tradisional, daun kol dikenal khasiatnya untuk mengobati peradangan. Sedangkan ilmu kedokteran modern mengenal kobis sebagai sayuran anti kanker. Selain itu, masih banyak manfaat lain dari sayuran ini. Diantaranya:

  • Kesehatan Otak

Kandungan vitamin K dan anthocyanins yang terdapat dalam sayuran ini mampu menjaga kondisi otak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Kedua nutrisi ini dapat mencegah kerusakan saraf dan mengurangi resiko penyakit alzheimer. Bahkan menyembuhkan alzheimer.

  • Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh

Kol merupakan sayuran dengan kandungan vitamin C dan sukfur yang tinggi. Kedua senyawa ini sangat bermanfaat dalam mengeluarkan racun dari dalam tubuh yang menjadi penyebab penyakit seperti dari arthtiris, penyakit kulit, rematik dan asam urat.

  • Mencegah Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kol memiliki kemampuan dalam mencegah sel-sel kanker, seperti kanker payudara. Hal ini dikarena kandungan senyawa seperti lupeol, sinigrin, dan sulforaphane yang mampu menghambat pertumbuhan tumor dan kanker.

  • Melancarkan Sirkulasi Darah

Menjaga sirkulasi darah agar tetap lancar adalah hal yang sangat penting untuk mencegah stroke dan penyakit jantung. Kandungan potassium dalam kubis ternyata mampu melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah di seluruh tubuh tetap lancar.

  • Mengatasi Sakit Kepala

Ternyata kubis telah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk sakit kepala. Caranya, haluskan kubis dengan cara diblender. Bungkus dengan kain bersih dan kompreskan pada dahi penderita sakit kepala.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Kubis sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Rajin mengonsumsi kubis sejak kecil menghindarkan diri menggunakan kacamata saat dewasa.

  • Obat Sariawan

Selain mengobati sakit kepala, kubis ini juga kerapkali dijadikan sebagai obat sariawan tradisional. Ini berkat kandungan zat glutamine yang ada di dalamnya. Untuk mendapatkan manfaatnya dalam mengobati sariawan, cukup dengan mengkonsumsi jus kobis secara rutin.

  • Melancarkan Pencernaan

Kubis dapat membenatu melancarkan pencernaan serta mengatasi sembelit atau konstipasi. Ini berkat kandungan sulfur dan mineral lainnya.

Manfaat Lainnya

Kubis kaya akan kandungan vitamin E, dimana vitamin memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Selain dapat memperbaiki kerusakan jaringan sel-sel dalam tubuh, melancarkan metabolisme, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

  • Menurunkan Berat Badan

Kubis merupakan makanan tepat untuk membantu program diet Anda. Sayuran ini rendah kalori dan tinggi kandungan seratnya sehingga dapat mengurangi kelebihan lemak di dalam tubuh.

  • Mencegah Penuaan Dini

Kandungan vitamin E dalam kubis ini juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama kulit. Kandungan vitamin C dan antioksidannya juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini dan menjaga kulit agar tetap awet muda.

  • Kecantikan Kulit

Selain vitamin C dan vitamin E, dalam kubis juga terdapat senyawa sulfur yang baik untuk melawan jamur dan infeksi bakteri penyebab jerawat. Gunakan masker kubis pada kulit wajah untuk membuat wajah terlihat cantik. Kubis ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here