Lebih dari Lima Kandidat, Panitia Pilkades Wanaraja Siap Seleksi Balon

Balon Kades Wanaraja (Foto Ridwan)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, gelar silaturahmi dengan tujuh orang Bakal Calon (Balon) Kades bertempat di Aula Desa setempat, Sabtu (12/10/2019).

Ketua Panitia Pilkades Wanaraja, Utep Nur Hakim mengatakan, acara tersebut sebagai persiapan seleksi Balon Kades karena lebih dari lima calon.

“ Seleksi dilakukan karena Balon Kades lebih dari lima orang. Sesuai aturan Permendagri 112 Tahun 2014 Pasal 26, jika Balon lebih dari lima maka harus dilakukan seleksi untuk ditetapkan menjadi Calon,” ungkap Utep.

Seleksinya itu sendiri kata dia, akan dilaksanakan Selasa (15/10/2019) bertempat di Aula Kantor Kecamatan Wanaraja.

“ Pertanyaan untuk tes tertulis dibuat Panitia Pilkades tingkat Kabupaten. Jika hasilnya benar semua, nilainya 50 persen,” beber Utep.

Hasil nilai dari tes tulis, kata Utep diakumulasikan dengan hasil seleksi bobot penilaian dari empat kriteria (usia, pendidikan, pengalaman organisasi lembaga kemasyarakatan dan pengalaman pekerjaan di lembaga Pemerintahan, BUMN dan BUMD).

Secara terpisah, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Wanaraja, Abdul Rokib menjelaskan, selain silaturahmi, juga pemaparan secara teknis terkait persiapan seleksi Balon Kades.

Menurut dia, pihaknya bersama panitia dan para Balon Kades sepakat menandatangani pakta integritas agar berjalan sukses tanpa ekses.

“ Mari kita berikan pembelajaran politik dan raihlah kepercayaan masyarakat dengan cara-cara yang baik,” singkat Abdul Rokib.

Informasi yang terhimpun iNEWSOnline.co.id, sedikitnya 170 Balon Kades yang tersebar di 28 Desa, 24 Kecamatan se-Kabupaten Garut akan melaksanakan seleksi secara serentak, Selasa (15/10/2019) mendatang.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here