LS GMS Wadah Kreativitas Seniman Sukaluyu

seniman, inewsonline.co.id

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Dengan terbitnya Surat Keterangan Domisili Lingkung Seni Gentra Mimitan Sukaluyu (LS GMS) merupakan lahirnya sejarah baru. Dimana kini keberadaan LS GSM secara resmi  telah diakui. LS GMS sendiri merupakan wadah atau rumah besar para seniman Sukaluyu untuk mengembangkan kreativitas seni.

Demikian diungkapkan Ketua LS GMS, Wildan Seftya Muharam. Menurutnya, pihaknya bersama pengurus lainnya mengadakan acara silaturahmi kepada Kepala Desa Sukaluyu Kec. Sukawening Kab. Garut sekaligus mengambil surat keterangan domisili organisasi tersebut.

“ Dalam acara silaturahmi dan penyerahan suket domisili tersebut ini menjadikan sejarah baru bahwasanya pelaku seni dan budayawan mempunyai rumah besar komunitas seni budaya untuk mengekspresikan karya dan kreativitas masyarakat Desa Sukaluyu,” sebut Wildan kepada iNEWSOnline.co.id, melalui pesawat telpon, Selasa (26/1/2021).

Baca juga: Pandemi Covid 19, Legislator Demokrat Gelar Reses Outdoor

Wildan menambahkan, setelah mempunyai legalitas, menjadikan spirit untuk berkarya dalam bidang seni dan budaya, dan ini tentunya menjadi asset bagi  desa sukaluyu dalam hal pengembangan seni tradisi khusunya budaya sunda.

sukaluyu, inewsonline.co.id
Penyerahan Surat keterangan Domisi LS GMS

“ Legalitas ini akan memacu kami dalam menggali dan mengembangkan potensi kesenian dan budaya yang ada di Sukaluyu,” ujarnya.

Sementara itu, Pembina LS GMS, Jabo berpesan bahwa  berdirinya LS GMS, merupakan langkah nyata menuju kebenaran. “  Bebeneran kanggo jalan kabeneran,” ungkap Jabo.

Lebih jauh diungkapkan Jabo, LS GMS merupakan wadah silaturahmi para pelaku, pemerhati pecinta seni dan budaya sunda yang berada di Desa Sukaluyu.  Bahkan pihaknya mengajak semua pihak ikut terlibat sekaligus duduk bareng dalam upaya  pengembangan seni budaya.

“ Umajak ka rencang sadaya  Sangkan sajalan, dina mulasara seni tradisi titinggal Luluhur Linuhung, ku jalan rumat basana , ruwat budayana,” pinta Jabo.

sukaluyu, inewsonline.co.id
Penasihat LS GMS, Kang Jabo (Kanan)

Diterangkan dia, rumat basana sangkan diurus dipalire deui basana. Ruwat budayana di pulasara di palire sangkan aya, sami makna mah di jaga. Tujuana sangkan teu ka sered ku Zaman nyaeta jati kasilih ku junti.

Dalam sambutanya, Kepala Desa Sukaluyu, Asep Kurniawan memberikan arahan kepada para pengurus GMS untuk  lebih mengekspor potensi yang ada di Desa yang tengah dibinanya supaya lebih terpromosikan di wilayah Kabupaten  Garut khususnya dan daerah Jawa Barat, bahkan bisa menasional.

“ Ini merupakan asset yang patut dibanggakan dengan catatan bisa membawa nama baik Sukaluyu ke kancah regional bahkan nasional,” singkat dia.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here