Luar Biasa! Jamur Kuping Dipercaya Bisa Mengatasi 8 Penyakit

jamur kuping inewsonline.co.id
Jamur Kuping (Foto. Tina)

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Jamur Kuping (Auricularia auricula) merupakan salah satu kelompok jelly fungi yang masuk ke dalam kelas Basidiomycota dan mempunyai tekstur jelly yang unik.

Miseliumnya bersekat dan dapat dibedakan menjadi dua macam. Yakni, miselium primer (miselium yang sel-selnya berinti satu) dan miselium sekunder (miselium yang sel penyusunnya berinti dua).

Baca Juga: Dengan Cara Ini Payudara Anda Besar Secara Alami

Auricularia auricula  dikenal sebagai jamur kuping karena bentuk tubuh buahnya melebar seperti daun telinga manusia (kuping).

Jamur kuping atau biasa disebut “Lember” (Sunda), sangat mudah kita jumpai di lingkungan sekitar, karena tumbuh di sisa-sisa tumbuhan atau kayu yang lembab.

Lember dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya:

  1. Mengurangi panas dalam dan luka bakar

Bila dipanaskan maka lendir yang dihasilkannya memiliki khasiat sebagai penangkal (menonaktifkan) zat-zat racun yang terbawa dalam makanan.

  1. Kandungan senyawa yang terdapat dalam lendirnya efektif untuk menghambat pertumbuhan karsinoma dan sarkoma (sel kanker) hingga 80-90 persen.
  2. Lember berfungsi sebagai zat anti koagulan (mencegah dan menghambat proses penggumpalan darah).
  3. Mengatasi penyakit darah tinggi (hipertensi).
  4. Pengerasan pembuluh darah.
  1. Kekurangan darah (anemia).
  2. Mengobati penyakit wasir (ambeien).
  3. Memperlancar Buang Air Besar (BAB).

Juga kerap dijadikan berbagai masakan. Seperti, sayur Kimlo, nasi goreng jamur, tauco jamur, sukiyaki dan bakmi jamur.

Selain itu, sering digunakan juga sebagai campuran sup karena rasanya yang cukup lezat. Tak heran, jika jenis makanan digemari semua usia.

Jamur kuping sudah dikenal dan diketahui sejak ratusan tahun lalu oleh bangsa Tionghoa. Lendir yang dihasilkan jamur kuping selama dimasak dapat menjadi pengental dan dapat menonaktifkan atau menetralkan kolestrol. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/Net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here