Manfaat Jagung untuk Kesehatan, No 5 Luar Biasa

jagung inewsonline.co.id
Jagung (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Jagung (Zea mays ssp. mays) adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok. Begitupun  bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia.

Pada masa kini sudah menjadi komponen penting pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak pangan dan bahan dasar tepung maizena.

Merupakan tanaman model yang menarik, khususnya di bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini menjadi objek penelitian genetika yang intensif dan membantu terbentuknya teknologi kultivar hibrida yang revolusioner.

jagung inewsonline.co.id
Jagung (foto web)

Baca Juga: 8 Manfaat Jagung untuk Kecantikan

Jangan menyangka bahwa hanya makanan biasa. Lebih dari itu, nutrisi di dalamnya ternyata sangat berguna untuk tubuh kita.

Berikut manfaat yang sangat luar biasa:

  1. Mencegah kenaikan asam urat karena dilengkapi dengan kalium yang cukup berlimpah. Dimana mineral ini bertindak sebagai elektrolit yang mampu mengontrol tingkat elektrolit dalam tubuh kita.
  2. Kalium juga berperan sebagai diuretik yang dapat mencegah infeksi saluran kemih, batu ginjal, dan melonjaknya kadar asam urat.
  3. Mengatasi anemia

Penyakit kurang darah dapat diobati dengan mengonsumsi secara rutin. Zat besi dan vitamin B12 sangat dibutuhkan dalam proses pembentukan sel darah merah.

  1. Mengontrol tekanan darah

Yang masih muda mengandung potassium yang melimpah. Dimana mineral ini berguna untuk mencegah tekanan darah melonjak.

  1. Mencegah Kanker

Mengandung senyawa ferulic, yang bersifat anti kanker. Senyawa ini efektif melawan tumor pada kanker kanker hati, paru-paru dan rongga mulut. Senyawa anthocyanin dalam jagung ungu dapat diandalkan untuk melawan radikal bebas penyebab kanker.

  1. Mencegah sembelit

Dilengkapi dengan vitamin B dan serat. Keduanya berperan untuk melancarkan pencernaan serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Pencernaan yang lancar akan mencegah masalah sembelit dan gangguan cerna lainnya.

  1. Menjaga kesehatan mata

Dengan rutin makan dapat mencegah risiko rabun dan kerusakan mata saat usia tua. Hal ini disebabkan carotenoid yang berlimpah di dalam makanan sehat ini.

  1. Menurunkan Kolesterol buruk

Minyaknya mengandung bioflavonoid, karotenoid, dan vitamin C. Tiga nutrisi ini memiliki sifat anti aterogenik yang berperan dalam meningkatkan sirkulasi darah dan menjaga keseimbangan kadar kolesterol dalam tubuh.

Dengan rutin mengkonsumsi akan membuat jantung lebih sehat, karena kadar kolesterol buruk dapat dikurangi dan aliran darah lebih lancar.

  1. Baik untuk penderita Diabetes

Mengandung serat yang berlimpah, tapi rendah karbohidrat dan memilki indeks glikemik yang rendah sehingga mencegah risiko diabetes tipe 2.

  1. Mencegah kepikunan

Senyawa thiamin Jagung manis berguna untuk menyehatkan sel-sel otak. Seseorang yang makan secara rutin, maka daya ingatnya akan terjaga.

  1. Baik untuk kesehatan Ibu Hamil (Bumil)

Asam folat dibutuhkan oleh Bumil untuk menjaga kesehatan bayinya. Dengan asupan asam folat yang memadai, dapat mencegah kekurangan berat badan pada bayi.

Baik untuk pertumbuhan anak-anak

Kaya akan protein yang dibutuhkan untuk pembentukan jaringan otot baru. Protein juga berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh dan pelepasan hormon insulin.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here