Manfaat Kangkung untuk Kesehatan, No 3 Dicari Wanita

kangkung inewsonline.co.id
Kangkung (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kangkung (Ipomoea aquatica Forsk.) adalah tumbuhan jenis sayur-sayuran dan ditanam sebagai makanan dan banyak dijual di pasar-pasar dan banyak terdapat di kawasan Asia.

Ada dua bentuk kangkung yang dijual di pasaran. Yakni, berdaun licin dan berbentuk mata panah, sepanjang 10–15 cm. Tumbuhan ini memiliki batang berongga yang menjalar dengan daun berselang dan batang yang menegak pada pangkal daun.

kangkung inewsonline.co.id
Kangkung (foto web)

Baca Juga: 11 Manfaat Ngonsumsi Wortel Mentah untuk Anda

Berikut manfaatnya bagi kesehatan:

  1. Mencegah Sariawan

Warna hijau daunnya mampu mencegah penyakit sariwan dan Gusi Berdarah. Jika Anda sedang sakit gigi, cukup mengunyah daunnya saja karena mengandung antiseptik alami yang dapat membunuh kuman pada gigi.

  1. Sebagai Obat Insomnia (Sulit Tidur)

Tumbuhan ini booming sebagai pemicu kantuk. Nah, bagi yang terkena insomnia, sangat disarankan untuk mengonsumsinya. Cukup di tumis layaknya makanan sebagai pelengkap nasi.

  1. Mengurangi Nyeri Haid

Sering kali kita merasa nyeri pada saat haid. Tentu tumbuhan ini juga dapat mengurangi rasa nyeri tak tertahankan pada saat haid. Cukup menumbuk daunnya, lalu tambahkan air hangat, kemudian saring dan tambahkan madu agar ada rasa manis.

  1. Pengontrol Darah

Bermanfaat juga untuk pengontrol darah dalam tubuh. Karena mempunyai zat kimia yang dapat mencegah pembekuan darah di pembuluh darah jantung dan otak.

  1. Mencegah Bau Mulut

Bau pada mulut tentu sangat menggangu aktivitas kita. bau mulut sering terjadi pada saat kita berpuasa atau mengkonsumsi makanan yang mengeluarkan bau yang tidak sedap. Tumbuhan ini mempunyai minyak esential yang dapat mengurangi bau pada mulut.

kangkung inewsonline.co.id
Tumis kangkung (foto web)
  1. Baik untuk Ibu Hamil

Sayurnya bermanfaat bagi ibu hamil terutama bagi ibu yang menyusui. Karena dapat memperlancar ASI pada ibu yang menyusui. sekaligus mencegah sembelit. 

  1. Menjaga Kualitas Otak

Patut untuk diketahui, Kangkung juga mengandung Omega 3 yang bermanfaat bagi kualitas otak. Bagi yang sedang hamil, hanya perlu mengonsumsi untuk menjaga kualitas otak janin.

Pada masa pertumbuhan Anak, para ibu hanya perlu memberikannya asupan gizi yang cukup untuk meningkatkan kecerdasan otak Anak.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Vitamin A pada sayuran ini sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Sekarang ini, banyak sekali yang menderita mata katarak, bukan hanya kaum manula saja, bahkan kaum remaja pun ada. Untuk menjaga kualitas dari kejernihan mata Anda, hanya perlu mengkonsumsi kangkung.

  1. Mencegah Kolestrol

Mengapa orang Indonesia banyak terkena kolestrol? Karena kebanyakan lebih mementingkan makanan yang mengandung karbohidrat seperti nasi. Oleh sebab itu, disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mampu mengontrol kadar kolestrol kita.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here