Mengenal Lebih Dekat Sosok Iwan Saputra Cabup Tasikmalaya

iwan saputra inewsonline.co.id
Iwan Saputra

TASIKMALAYA,iNEWSOnline.co.id: Dalam kehidupan sehari-hari Calon Bupati (Cabup) Tasikmalaya, Jawa Barat, Iwan Saputra selalu dipenuhi dengan rasa cinta dan kasih sayang terhadap keluarga, sahabat juga masyarakat.

Khusus terhadap almarhumah istri tercintanya, Hj. Reni Supriatin, Cabup Tasikmalaya ini kerap berziarah ke makam istrinya di pemakaman keluarga, Kampung Nagaracina, Setiawaras, Kecamatan Cibalong.

iwan saputra inewsonline.co.id
Iwan Saputra saat ziarah

Istri Iwan Saputra meninggal dunia 28 Mei 2020 lalu karena sakit yang dideritanya kanker usus.

Sahabat dekat Iwan Saputra, Endang Syarif mengatakan, sesibuk apapun dia selalu menyempatkan diri ziarah ke makam istrinya.

Baca Juga: Ini Loh 5 Pemain Bulutangkis Indonesia Peraih All England Terbanyak

 “Sesibuk apapun, A Iwan selalu menyempatkan ziarah ke makam istrinya,” kata Endang Syarif, Jumat (30/10/2020).

“Semoga almarhumah Ibu Hj Reni selalu ada di sisi Allah SWT. Aamiin. Doa itu selalu dipanjatkan oleh A Iwan. Tidak hanya ke makam istrinya, Beliau juga selalu ziarah ke makam Ayah serta Ibunya,” kata Dosen STIE Latifah Mubarokiah Suryalaya menambahkan.

iwan saputra inewsonline.co.id
Iwan Saputra

Menurutnya, sosok Iwan Saputra selalu menyayangi dan mengasihi terhadap siapa pun dan tertanam kesetiaan serta berbudi luhur, selalu menghormati yang tua dan menghargai kaum muda.

Sang birokrat handal tersebut merupakan putra dari pasangan Almarhum Letnan Kolonel (Purn) TNI Basjuni dan Almarhumah Ning Djuaningsih yang merupakan pituin Tasik Selatan (Tasela). Dia lahir di Singaparna, 14 April 1967. pada waktu itu Kakeknya sedang menjabat sebagai Wedana Singaparna.

Ayahnya pernah menjabat Ketua DPRD Kabupaten Tasikmalaya periode 1997-1999 juga Ketua DPD Partai Golkar masa bakti 1994-1999.

Cabup Tasikmalaya ini pituin Tasik Selatan, tepatnya di Nagara Cina, Setiawaras, Cibalong merupakan mantan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Tasikmalaya yang mengundurkandari ASN karena maju sebagai di Pilkada serentak 2020.

Kata Endang Syarif, saat masih aktif sebagai seorang birokrat di Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, pernah mendapatkan bintang Satyalancana Karya Satya XX dari Presiden Republik Indonesia pada tahun 2013.

iwan saputra inewsonline.co.id
Iwan Saputra

Penghargaan tersebut diberikan Presiden RI kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang berbakti selama 20 tahun lebih secara terus menerus dengan menunjukan kecakapan, kedisiplinan, kesetiaan dan pengabdian sehingga dapat dijadikan teladan bagi ASN lainnya.

Dia merupakan satu-satunya Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Provinsi Jawa Barat penerima nominasi anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) Award 2019 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara  dan Repormasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia.

Tidak hanya itu,  juga penerima Hinorary Police (Polisi Kehormatan) dari Kepala Kepolisian Wilayah (Kapolwil) Priangan pada Juni 2009.

Selain pernah menjabat sebagai Kepala Bappeda, juga pernah menjadi Inspektur di Inspektorat Daerah, Kadis Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD).

Kariernya dimulai dari staf Itwilkab Daerah Tingkat II Tasikmalaya, pemeriksa pembantu sektor pertanian pada Bidang Ekonomi Itwilkab II Tasikmalaya.

Dia juga pernah duduk sebagai Kasubag Anggaran di Bagian Keuangan Setda Kabupaten Tasikmalaya. Selanjutnya menjabat Kepala Bagian (Kabag) Keuangan dan Kepala Bidang (Kabid) Mutasi di BKPLD Kabupaten Tasikmalaya.

Secara akademik sambung Endang, Cabup Tasikmalaya ini lulus S1  Managemen Universitas Soedirman (Unsoed) Purwokerto  tahun 1991 dan menyelesaikan S2 Ekonomi Pembangunan di Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta tahun 2001 serta meraih gelar Doktoral dari Universitas Padjadjaran Bandung tahun 2012.

Selain di birokrasi,Iwan Saputra aktif juga di Organisasi Kepemudaan dan pernah menjabat Wakil Ketua DPD KNPI Kota Tasikmalaya 2005-2008, Ketua Majelis Pemuda Indonesia 2008-2012.

Ketua GM FKPPI Kabupaten Tasikmalaya (2006- sekarang) dan Ketua Majelis Pertimbangan Karang Taruna Kabupaten Tasikmalaya 2012-2014.

Selain itu, Dewan Pendiri Padepokan Silat Sukapura (2014- sekarang), Ketua Tarung Derajat Boxer Tasikmalaya 2010-2014, Ketua Perbakin Pengcab Kabupaten Tasikmalaya 2017-2021 dan Ketua Umum Bandung Karate Club (BKC) 2020-2024.

Dari mulai tokoh ulama, Pondok Pesantren, masyarakat hingga pemuda mendukung Iwan Saputra untuk maju sebagai Cabup Tasikmalaya di Pilkada 2020 mendatang.

Atas dukungan dari berbagai elemen, akhirnya dia maju berpasangan dengan Iip Miftahul Paoz. Pasangan tersebut diusung Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN), Nasional Demokrat (NasDem) dan partai Hanura (23 kursi DPRD).

(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here