Pandemi Covid-19, Ranting Muhamadiyah Calingcing Garut Gelar Salat Ied

Salat Ied di Ranting Muhamadiyah Kampung Calingcing (Foto Huis)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Pengurus Ranting Muhamadiyah Kampung Calingcing, Desa Cimurah, Kecamatan Karangpawitan, Kabupaten Garut gelar Salat Ied 1441 H bertempat di Lapang Bola mini, Minggu (24/5/2020).

Namun pelaksanaannya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Mereka menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP) penanggulangan/pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19).

Panitia penyelenggara Salat Ied, Ustadz Ujang Suherman mengatakan, lapangan tersebut bisa menampung para jamaah dari beberapa Kampung.

“ Alhamdulillah atas kesepakatan para tokoh masyarakat, Kami bisa melaksanakan Salat Ied,” ungkap Ujang.

Lanjut Ujang, pihaknya mewajibkan seluruh jamaah mengenakan masker dan sebelum masuk ke lokasi mereka disemprot hand sanitizer dan jaga jarak.

“ Para jamaah wajib pakai masker dan menjaga jarak,” tegas dia.

Menurut dia, Idul Fitri 1441 H, pihaknya menyiapkan lapangan yang cukup luas agar bisa menampung semua jamaah dengan jarak sesuai SOP Covid-19.

Ustadz Ujang berharap, masyarakat Indonesia, khususnya warga Kecamatan Karangpawitan dijauhkan dari virus mematikan yang mewabah di 209 negara.

“ Mudah-mudahan di hari yang fitri ini, kita semua diselamatkan dan selalu dalam lindungan Allah SWT,” imbuhnya.

Imam sekaligus Khotib Salat Ied 1441 H, KH Ustadz Saefulloh mengajak semua jamaah untuk mawas diri dan berpikir positif dalam menyikapi masalah pandemi Covid-19. Dia pun berpesan, jangan sampai meninggalkan apa yang telah kita lakukan selama bulan ramadhan.

“ Kita ini bukan pejuang pahala di bulan ramadhan, karena berjuang itu merupakan kewajiban kita semua. Kita juga harus menengok ke samping (kiri-kanan), menatap ke depan dan ke belakang takut ada yang tidak bisa makan. Terlebih, anak yatim piatu,” tutup dia.

(Huis/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here