Pasar Tradisional Lakukan Rapid Test

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Pasar Tradisional di Kabupaten Garut hari ini dilakukan rapid test Covid 19 yang tersebar dibeberapa pasar. Tercatat Pasar Wanaraja, Pasar Induk Guntur Ciawitali dan pasar Cikajang Garut dilakukan Rapid Test serempak oleh dinas kesehatan melalui Puskesmas, dan Disperindag ESDM Kabupaten Garut.

Rapid test dipasar tradisional dilakukan setelah ramai di media Televisi bahwa pasar tradisional menjadi salah satu cluster penyebaran Virus Covid 19 dan dinyatakan positif. Tentunya berita tersebut sangat berdampak pada iklim usaha di Pasar Tradisional, namun untuk lebih menyakinkan publik warga pasar pun sepakat untuk dilakukan Rapid Test di Pasar Tradisional.

Demikian diungkapkan Wakil Sekretaris Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kabupaten Garut, Agus F Tura. Menurutnya, dampak pemberitaan terakhir ada yang positif dibeberapa Pasar di Indonesia jelas menjadi kasus baru yang segera harus diantisipasi.

” Dibeberapa daerah pasar menjadi cluster baru penyebaran pusat Covid 19, apalagi pemberitaannya kencang, ini jelas mempengaruhi iklam usaha dipasar dari awal sudah anjlok di 60 sampai 70 persen income pasar, dengan jelas jelas ada yang positif pasar diluar Garuf jelas berdampak keras ke pasar Ekonomi di pasar hari ini sisanya hanya 30 persen, ada PSBB lah inilah itulah ” kata Agus.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan ESDM Kab.Garut Nia Gania, menyatakan langkah Rapid Tes dipasar Tradisional merupakan langkah antisipasitif Pemkab Garut serta kesadaran pedagang.

” Rapid test di pasar adalah langkah antisipasi pencegahan penyebaran Virus corona di fasilitas umum atapun pasar serta ada pula pasar yang minta sukarela dengan kesadaran,” sebut Gania.

Sekretaris DPW Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Jawa Barat, Yudi Setia Kurniawan, mengatakan, bahwa agenda Rapid test Pasar adalah salah satu usulan DPD APPSi Garut dari awal untuk pencegahan dini dan baru hari ini disetujui.

” Hari ini baru direalisasikan dan disetujui dilakukan Rapid test,” singkat Yudi.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here