Pelayanan Publik dan Realisasi DD: BPD Sukalaksana Apresiasi Kontrol Masyarakat

Ketua BPD Sukalaksana (kanan) Foto Ridwan

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Sukalaksana, Kecamatan Sucinaraja, Kabupaten Garut, Gupron Abadi mengapresiasi semua kontrol dan masukan dari berbagai pihak terkait pelayanan publik serta realisasi anggaran Dana Desa (DD).

“ Kami apresiasi kontrol dan masukan dari warga, rekan-rekan Ormas, LSM dan media terkait pelayanan publik dan realisai pembangunan yang bersumber dari DD,” kata Gupron didampingi Sekretaris Desa Sukalaksana, Rukman Efendi, Sabtu (28/9/2019).

“ Kritik dan saran tentunya kami tampung sebagai bahan acuan evaluasi ke-depannya. Dengan begitu, pelayanan publik  sesuai dengan harapan serta regulasi yang ada,” sambung dia.

Gupron menyebut, setiap tiga bulan sekali pihaknya melakukan evaluasi. Jadi, dia memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik dan ke-depannya akan lebih ditingkatkan lagi.

Lalu, terkait transparasi pengelolaan DD kata Gupron selalu dilakukan oleh pihak pemerintah desa. Bahkan,  disetiap momen tertentu perangkat desa kerap memberikan informasi tentang pembangunan atau progres kegiatan desa yang sedang berjalan.

Ketua BPD juga mengingatkan, realisasi DD harus sesuai dengan hasil Musyawarah Desa (Musdes) yang di tuangkan dalam APBDes. Pengelolaan dan pelaksanaannya pun harus didampingi Pendamping Desa atau Pendamping Lokal Desa serta diawasi oleh seluruh masyarakat.

“ Jadi, peran aktif masyarakat diperlukan agar pelaksanan semua program yang telah dicanangkan terlaksana dengan baik dan sesuai regulasi,” tegasnya.

Tak hanya itu, pihaknya pun meminta masyarakat jika menemukan permasalahan terkait pelayanan publik atau realisasi DD segera bikin laporan ke BPD.

“ Sejak dilantik hingga saat ini, kami belum menerima keluhan atau laporan tertulis dari warga terkait pelayanan dan realisasi DD,” ungkapnya.

Kepala Desa (Kades) Sukalaksana, Sobur meminta maaf jika pelayanan kepada masyarakat belum maksimal. Dia berjanji akan meningkatkan pelayanan secara optimal sesuai regulasi yang berlaku.

“ Masukan, saran dan kritik membangun kami terima untuk meningkatkan kualitas pelayanan ke-depannya,” ucap Sobur melalui sambungan telpon.

Sobur berharap, jika terdapat permasalahan, baik di tingkat RT, RW dan dusun, sebaiknya dibahas di internal untuk menacari jalan keluarnya.

“ Setelah selesai kegiatan Jambore di Kabupaten Ciamis, saya segera koordinasi dengan BPD dan lembaga lainnya,” pungkas Sobur.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here