Pemdes Sukaluyu Garut Realisasikan Santunan Dana Duka Covid 19

garut inewsonline.co.id
Kades Sukaluyu, Asep Kurrniawan, secara langsung memberikan bantuan dana duka covid 19

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut merealisasikan santunan dana duka bagi ahli waris warga yang meninggal dunia akibat Covid 19.

“ Ya, kami hari ini menyalurkan santunan dana duka bagi 4 ahli waris warga Sukaluyu yang meninggal dunia akibat Covid 19,” kata Kepala Desa Sukaluyu, Asep Kurniawan kepada iNEWSOnline,co.id, Selasa (16/11/2021). 

Baca juga : Fraksi PKB Minta Pemkab Garut Serius Tangani Covid 19

Diakui dia, santunan ini baru terealiasikan sekarang, mengingat anggaran Dana Desa (DD) tahap II baru bisa dicairkan. “ Kami segera realiasikan,” imbuhnya.

covid 19, inewonline.co.id
Pemdes Sukaluyu salurkan Bantuan kepada salah satu ahli waris

Tidak hanya itu, lanjut dia, pihaknya pun sudah menganggarkan dan segera merealisasikan anggaran Jaminan Hidup (Jadup) bagi warga yang terkena Covid 19 dan melakukan Isolasi Mandiri (Isoman), baik yang isoman di rumah masing-masing ataupun di tempat yang sudah disediakan Pemerintah Kabupaten Garut.

“ Tercatat sebanyak 40 warga Sukaluyu yang melaksanakan isoman. Kami segera realisasikannya dengan pertimbangan Jadup tersebut  dihitung per Kepala Keluarga  (KK),” terang Asep.

Diterangkan dia, bantuan ini memang nominalnya tidak seberapa. Namun jangan dilihat dari besar atau pun kecilnya, namun lebih kearah bentuk perhatian Pemdes Sukaluyu kepada warga.

“ Semoga bermanfaat dan mudah-mudahan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya,” ujarnya.

covid 19, inewsonline.co.id

Saat disinggung mengenai target Vaksinasi, jawab Asep, warga Sukaluyu yang sudah melaksanakan vaksinasi berdasarkan perhitungan kasar sudah  mencapai diangka 75 persen. Namun berdasarkan data yang masuk baru diangka 50 persen.

“ Selisih angka 25 persen itu karena warga Sukaluyu banyak yang melaksanakan vaksinasi di luar Kecamatan Sukawening. Seperti hal nya warga yang berada di kota dan para siswa yang menuntut ilmu di sekolah yang berada di Kecamatan Cibatu,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya kini tengah mengupdate data door to door agar data warga yang sudah melaksanakan vaksinasi benar-benar akurat.

“ Lewat RT-RW, Kader dan Satgas PPKM kini tengah menginput data. Mudah-mudahan akhir bulan ini data sudah masuk ke desa,” pungkas Asep.

Sementara itu,  salah satu ahli waris asal RW 08, Ade Kikin, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemdes  Sukaluyu yang sudah mau  peduli terhadap warga terdampak Covid 19.

“ Hatur nuhun pak Kades sareng rengrengan nu tos kersa sumping sareng masihan bantosan. Mugia sagala amal kasaean ieu dibales langkung ku Allah SWT,” doanya.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here