Pemprov Sulawesi Barat Sudah Punya Alat Sendiri Deteksi Covid-19

Ilustrasi (Foto Net)

MAMAJU, iNEWSOnline.co.id: Kini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Barat secara mandiri sudah bisa melakukan pemeriksaan laboratorium untuk mendeteksi material genetik Corona Virus Disease (Covid-19).

Artinya, Pemprov Sulawesi Barat tidak perlu lagi mengirim spesimen pasien ke laboratorium kesehatan di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menurut Kepala Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Netty Nurmuliawati, perangkat pemeriksaan laboratorium dengan metode RT PCR di kantor BPOM Sulawesi Barat di Kabupaten Mamuju sudah mulai digunakan untuk memeriksa spesimen pasien.

“Pada uji perdana virus Corona sudah 40 sampel yang diambil dan hasilnya lebih cepat diketahui,” kata dia seperti dikutip antara news, Minggu (14/6/2020).

Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar didampingi Sekda, Muhammad Idris meninjau langsung penggunaan perangkat pemeriksaan laboratorium. Dia mengapresiasi dukungan BPOM dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Sambung dia, ketersediaan perangkat laboratorium akan meningkatkan kecepatan pemeriksaan untuk mendeteksi penularan Covid-19.

“Jadi, jika ada yang terjangkit Corona bisa langsung selesai diperiksa,” pungkasnya.

(Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here