Pengunjung SBCK Bisa Nikmati Kopi Telaga Khas BPD Cimaragas

Kopi Telaga

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Pada kegiatan Sehari Bersama Coklat Kita (SBCK) yang digagas komunitas Ilahiyah Agama Alam Negara (Ilalang), para pengunjung selain menikmati pagelaran seni budaya juga bisa langsung melihat sekaligus menikmati Kopi Telaga.

Tak hanya itu, para pengunjung pun bisa melihat proses menyeduh Kopi Telaga ala  anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Cimaragas, Ahmad Wasman.

Menurut pegiat sekaligus pengolah Kopi di Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Daeng Fauzi, Ahmad Wasman bersama Imam Faisal didaulat menjadi Barista (Peracik/Penyaji Kopi Telaga).

Telaga merupakan Kopi berjenis Arabika yang ditanam di kawasan Gunung Talaga Bodas yang memiliki ketinggian 1600- 1700 meter dari permukaan laut (mdpl).

“ Kopi Telaga ditanam di kawasan Gunung Talaga Bodas yang memiliki 1600-1700 mdpl,” ungkap Daeng yang sudah dua tahun konsen bergerak di budidaya, pengolahan, distribusi hingga pemasaran Kopi Telaga, Sabtu (7/9/2019).

Dia berharap, kegiatan-kegiatan perusahaan besar ke depan bisa mengikuti jejak komunitas Ilalang yang melibatkan potensi lokal.

“ Kegiatan ini patut diapresiasi dan bisa diikuti oleh perusahaan-perusahaan besar yang menggelar acara di Kabupaten Garut,” harap dia.

Potensi lokal yang difasilitasi sambung Daeng, diharapkan selain menjadi sarana silaturahmi juga bisa membuka peluang usaha dan bisnis rumahan.

“ Tentunya Kami menaruh harapan besar bahwa Kopi Garut membumi di Garut. Artinya, Kopi Garut hanya bisa dinikmati oleh orang-orang berduit. Di kafe-kafe, saat ini Kopi Garut dibandrol Rp20-30 ribu per gelas,” tutup Daeng.

Sebelumnya iNEWSOnline.co.id mengabarkan, Komunitas Ilalang menggelar acara SBCK di Lapangan Sentra Bhakti Desa Cimaragas, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, Sabtu (7/9/2019).

Ketua Panitia SBCK, Hanip Maulana mengatakan, kegiatan tersebut berupa Pagelaran Seni Budaya, kearifan ekonomi lokal dan budaya lokal serta social invesment.

Selain itu, digelar berbagai perlombaan. Diantaranya, Rias Gapura, Rias Delman, Lomba Tumpeng, lomba Linting Roko dan  lomba Nendang Bola Finalti serta Bakti Sosial (Baksos) dan santunan.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here