Penurunan pendapatan UMKM, Kemenkop Adakan Pelatihan

UMKM inewsonline.co.id
Asdep Pengembangan Kewirausahaan saat membuka acara Pelatihan (foto Deni R)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Pademi Covid-19 di Indonesia yang kian meningkat, sehingga berbagai sendi perekomian mengalami penurunan terutama para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) menurut data ada sekitar 50,7 persen.

Hal ini membuat Kementrian Koperasi harus melakukan berbagai terobosan baru diantaranya adalah melakukan pelatihan bagi para pelaku usaha  di berbagai daerah di Indonesia salah satunya adalah Kabupaten Garut.

Menurut Asisten Deputi Pengembangan Kewirusahaan pada Kemenkop, Nasrun, pihaknya saat ini melakukan sosialisasi atau pelatihan kepada para pelaku usaha yang ada di Garut dengan tema ” UMKM Eksis dan Mampu Beradaptasi Pada Masa Pandemi Dan New Normal Covid-19″.

” UMKM yang mampu bertahan saat Pandemi ini adalah yang menggunakan sistem digitalisasi,” ujarnya, Senin (28/9/2020) bertempat di Hotel Harmoni Cipanas Garut.

Baca juga: 38 Tahun Buta,  Sumirah Luput Perhatian Pemerintah

Ditegaskan Nasrun kegiatan ini juga berkerjasama dengan  Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam sistem pemasaran secara digitalisasi.

” Saat ini kami juga sudah mempersiapkan pasar digital agar dapat digunakan oleh para pelaku usaha,” tegasnya.

umkm inewsonline.co.id
acara pelatihan

Masih menurutnya, Harapan Kemenkop UMKM di Indonesia harus menjadi pahlawan ekonomi karena satu-satunya penghasil ekonomi kerakyatan terbesar..

” Jadi untuk para pelaku usaha tidak usah takut dengan Pandemi Covid-19, terus berjuang yang tentunya dengan protokol kesehatan yang baik serta tingkatkan kemampuan dalam mengakses pasar melalui digitalisasi,” pungkasnya.

Sementara itu Kadis Koperasi Garut Suhartono, menyambut baik kegiatan pelatihan ini, dan berharap agar pelaku UMKM yang tergabung di Koperasi Garut dapat meningkatkan kemampuannya.

UMKM inewsonline.co.id
ilustrasi (poto web)

” Jumlah Koperasi di Garut mencapai 1500 koperasi dan 130 ribu UMKM, karena Pandemi turun drastis RAT Koperasi mencapai 50 persen, dengan adanya pelatihan ini diharapkan ada peningkatkan pasar di Garut,” tutup dia.

(Deni Rinjani/Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here