Persib Tanggapi Positif Regulasi 5 Pergantian Pemain

persib inewsonline.co.id
Robert Rene Alberts (Foto Web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kompetisi lanjutan Liga 1 2020 mulai bergulir 1 Oktober hingga 28 Februari 2021 dengan regulasi  protokol kesehatan pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Salah satunya terkait regulasi 5 pergantian pemain.

Pelatih Persib, Robert Rene Alberts mengaku sudah mendapatkan informasi mengenai penambahan kuota pergantian pemain dari tiga menjadi lima.

Baca Juga: Di Bandung, PT LIB Gelar Manager Meeting

Meski begitu, pihaknya masih menunggu informasi resmi dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB). 

“Iya, tapi informasi tersebut masih belum jelas bagaimana mekanisme lima pergantian tersebut. Jadi kami harus melihat lebih dulu bagaimana bisa menggunakan lima pergantian itu,” kata Robert.

Pelatih asal Belanda ini berharap, adanya kejelasan mengenai regulasi pergantian pemain tersebut, termasuk mengenai teknis pelaksananya. 

“Memang lima pergantian, tapi bagaimana peraturan dari lima pergantian itu dan bisa dilakukan di kondisi seperti apa. Jadi belum ada kejelasan dan belum ada surat resmi dari PSSI,” tegas Robert seperti dikutip fokusjabar.id.

Meski begitu, pelatih Persib menyambut positif penambahan pergantian pemain tersebut. Terlebih, lanjutan kompetisi Liga 1 2020 akan berlangsung dengan jadwal padat dan tim akan melakoni laga tandang yang melelahkan.

Karena, setiap tim peserta Liga 1 2020 harus menggunakan bus sebagai alat transportasi untuk menuju tempat pertandingan dari kota asalnya. Sehingga, akan menguras tenaga.

“Dalam situasi saat ini, dengan perjalanan dan padatnya jadwal, tentunya pemakaian pergantian pemain sangat berguna. Jika kami bisa melakukan lima pergantian seperti peraturan di Eropa atau belahan dunia lainnya itu positif,” ujar dia.

Sebelumnya iNEWSOnline.co.id mengabarkan, PT Liga Indonesia Baru (LIB) menggelar manager meeting bersama perwakilan klub Liga 1 2020 di Hotel Sheraton, Jalan Ir. H Juanda, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin (21/9/2020). 

Pada kesempatan itu beberapa poin disepakati PT LIB dan tim peserta kompetisi. Diantaranya, terkait aturan yang akan diterapkan saat kompetisi Liga 1 2020 bergulir 1 Oktober hingga 28 Februari 2021.

Direktur Utama PT LIB, Akhmad Hadian Lukita mengatakan, salah satu poin penting dalam pertemuan tersebut, penerapan protokol kesehatan karena Corona Virus Disease (Covid-19) masih belum terkendali.

“Alhamdulillah, pertemuan tadi berjalan lancar sesuai dengan harapan semua dan membuahkan hasil beberapa hal yang kita sampaikan kepada klub peserta kompetisi,” kata Akhmad Lukita di Bandung.

Seluruh peserta Liga 1 2020 siap untuk menerapkan protokol kesehatan. Bahkan, mereka sudah menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari, untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Tapi intinya kami sudah sepakat dengan klub dan perwakilan PSSI, dan konsennya kompetisi Liga 1 ini di protokol kesehatan. Jadi, kami semua di sini menjadi ujung tombak kedisiplinan protokol kesehatan,” tegasnya.

Akhmad berharap, kompetisi Liga 1 2020 bisa berjalan sesuai rencana dan seluruh peserta mulai dari pemain hingga official tim seluruhnya tetap sehat dan tidak ada yang terpapar virus corona.

(Frima) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here