Jelang Pilkades, Camat Cibatu : Pihak Yang Berkopenten Wajib Netral

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) tahun 2021 yang serentak dilaksanakan di Kabupaten Garut, semua pihak yang berkopenten wajib menahan diri dan bersikap netral.

Demikian diungkapkan Camat Cibatu, Sardiman Tanjung. Menurutnya, semua lembaga Desa yang ikut terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam proses Pemilihan wajib untuk bersikap netral.

“Tidak ada alasan dan tidak boleh condong. Semua lembaga desa wajib netral,” kata Tanjung kepada iNEWSOnline.co.id, usai acara nomor urut calon Kepala Desa Mekarsari, bertempat di Aula Desa, Jumat (7/5/2021).

Baca juga : Reses Aji Kurnia Dikemas Santunan Anak Yatim

Dijelaskan dia, selama ini, Panitia Pemilihan  Kepala Desa (PPKD) telah melakukan serangkaian agenda kegiatan guna menempuh tahapan-tahapan Pilkades yang akan dilaksanakan pada 7 Mei 2021 mendatang. Sejauh ini, pihaknya menilai PPKD sudah bekerja secara maksimal.

pilkades, inewsonline.co.id
pengundian no urut Calon Kades Mekarsari

“ Sejauh ini kinerja PPKD sudah maksimal, tingkatkan terus dan jangan cepat merasa puas serta wajib untuk bersikap netral,” imbuhnya.

Bahkan, lanjut dia, khusus untuk calon Incumbent (Juhdi Yudiantara) dirinya berpesan agar bisa menjaga jarak dengan pemerintahan desa. Serahkan semua pekerjaan kepada PLT Kades, Asep Ridwan.

“ Plt Kades sudah ada, Pak Juhdi silakan konsen dalam pilkades mendatang,” ucapnya.

Tanjung menjelaskan, kata netral memang gampang untuk diucapkan namun sangat sulit dalam penerapannya. Bahkan konflik Pilkades sebagian besar akibat dari ketidaknetralan panitia dan lembaga desa.  Oleh karena itu, mulai dari sekarang kita harus menghormati hak politik masyarakat  demi terciptanya pelaksanaan Pilakdes sukses tanpa ekses.

“ Kami imbau kepada masyarakat agar tidak segan melaporkan ketika ditemui kejanggalan. Dengan catatan memiliki minimal 2 saksi dan 2 bukti,” Ujar Tanjung.

Sementara itu, Ketua BPD Mekarsari, Ayo Sukaryo, menyatakan selamat kepada para calon kades yang akan tandang makalangan dalam ajang Pilkades.

“ Kami ajak semua calon dan pendukung agar senantiasa menjaga kekondusifan. Ingat bahwa kita satu desa dan kita saudara,” singkatnya.

pilkades, inewsonline.co.id

Terpantau dalam proses pengundian nomor calon Kades berjalan lancar dimana,  Juhdi Yudiantara (No urut  1), No urut 2, UU Amarulloh dan No urut 3, Ahmad Sadli.

(Cep K/Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here