Reses, Ketua Fraksi Golkar Sosialisasikan Vaksinasi Covid 19 dan Pilkades

reses, inewsonline.co.id

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Ada yang unik pada pelaksanaan Reses Masa Sidang 1 Tahun 2021, Anggota DPRD Garut yang juga Ketua Fraksi Golkar, Deden Sopian. Selain menampung aspirasi masyarakat yang dianggap menjadi skala prioritas,  juga dilakukan sosialisasi tentang vaksinasi Covid 19 dan pelaksanaan Pilkades ditengah Pandemi Covid 19.

“ Alhamdulillah, Reses kali ini sukses dilaksanakan meski dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid 19,” kata Deden kepada iNEWSOnline.co.id, melalui pesawat telpon, Kamis (21/1/2021).

Disebutkan Deden, pelaksanaan reses pada masa sidang 1 tahun 2021, dilaksanakan cukup ketat dengan memperhatikan prokes, sehubungan dengan yang terkena positif covid 19 tiap harinya terus melonjak. Disela sela penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) reses sekarang terbilang sangat penting, karena merupakan reses terakhir yang dapat dijadikan masukan aspirasi terakhir dari masyarakat untuk pembahasan RAPBD tahun 2022.

Baca juga : Kisruh Dugaan Penyerobotan Lahan oleh PDAM Mencuat Kembali

Karena masa sidang 2 itu sudah melampaui jenjang pembahasan musrenbang Kabupaten. Bulan Februari 2021 di tingkat kecamatan akan mulai dilaksanakan musrenbangkec sebagai bahan untuk pembahasan di forum SKPD yang akan dilaksanakan di bulan Maret – April 2021 tingkat kabupaten.

reses, inewsonline.co.id
Kegiatan Reses Ketua Fraksi Golkar, Deden Sopian, SHi

“ Sesuai aturan seminggu sebelum pelaksanaan musrenbang tingkat kabupaten anggota dewan harus sudah memasukan penelaahan pokok pokok pikiran hasil dari reses, raker, kunjungan lapangan dan lainnya. Itu lah yang menyebabkan reses sekarang harus bisa dilaksanakan sesuai jadwal,” terang Legislator berlambang pohon Beringin ini.

Ditambahkan dia, reses sekarang juga bertepatan dengan di mulainya pelaksanaan vaksinasi covid 19 tentunya dikesempatan ini kami bisa ikut mensosialisasikan agar bisa berjalan sukses dalam pelaksanaannya.

“ Vaksinasi ini merupakan program pemerintah, kami juga harus ikut berperan mensukseskannya,” imbuh Deden.

reses, inewsonline.co.id
Konstituen Reses Ketua Fraksi Golkar, Deden Sopian, SHi

Selain itu, pihaknya juga sosialisasi perda tentang pilkades, karena ada Surat Edaran (SE) Menteri yang merubah kebijakan yang biasa pelaksanaan pemilihan dilaksanakan pada satu tempat/dusun sekarang harus mengikuti prokes yaitu maksimal 500 pemilih per TPS.

“ Sudah dipastikan tiap RW ada TPS. Dan petugas KPPS harus memakai Alat Pelindung Diri (APD),” ungkapnya.

Bahkan, di bulan Februari tingkat desa akan mulai dibentuk panitia Pilkades, maka dari itu memerlukan kerja ekstra dari SKPD terkait dalam hal ini DPMD agar terus mensosialisasikan perda ini.

Saat disinggung mengenai aspirasi masyarakat, jawab Deden, adapun aspirasi yang masuk dari masyarakat masih di dominasi oleh masalah penataan lingkungan, namun ada peningkatan permintaan dibidang pemberdayaan dan permodalan UMKM atas dampak dari pandemi. Khusus untuk warga kecamatan leles mereka meminta BLK untuk membuka UPL di kawasan industri leles/ utara hal ini untuk mendekatkan kepada pelayanan pencari kerja khususnya masyarakat terdekat dengan kawasan.

“ Untuk pelaksanaannya alhamdulillah bisa bersilaturahmi ke beberapa kecamatan yaitu kecamatan, Selaawi, Cibatu, Leles, Kadungora dan Kecamatan Lewigoong,” pungkasnya.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here