Sebelum Musim Penghujan,  138 Titik P3-TGAI Rampung Dibangun

Foto Ridwan

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggulirkan  program Kedaulatan Pangan dan Upaya Peningkatan Kemampuan Ekonomi serta Kesejahteraan Masyarakat.

Asisten Konsultan Manajemen Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisangarung, Cirebon, Imam Muslim Sidik

Program tersebut melalui Pemberdayaan Masyarakat Petani dalam perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi skala kecil serta dikelola secara partisipatif.

Kabupaten Garut itu sendiri kata Asisten Konsultan Manajemen Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisangarung, Cirebon, Imam Muslim Sidik, tahun 2019 mendapat  Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) sebanyak 138 titik.

“ Garut mendapatkan 138 titik pekerjaan. Setiap titik nilainya sebesar Rp195 juta,” kata Imam, Senin (21/10/2019).

Menurut dia, perbaikan, rehabilitasi dan peningkatan jaringan irigasi skala kecil secara partisipatif merupakan bagian dari pemberdayaan masyarakat petani secara terencana dan sistematis untuk meningkatkan kinerja pengelolaan jaringan irigasi.

“ Salah satu proses pemberdayaannya, masyarakat sebagai pelaksana kegiatan,” beber Imam kepada iNEWSOnline.co.id.

P3-TGAI  bertujuan untuk meningkatkan produktivitas hasil pertanian dan memastikan penggunaan air irigasi bisa teraliri ke pesawahan milik petani. Dengan begitu, produktivitas petani meningkat.

Ke depannya, P3-TGAI akan terus dilakukan perbaikan untuk mendukung ketahanan pangan nasional dan upaya peningkatan kemampuan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat petani.

“ Program ini untuk membangun dan memperbaiki saluran irigasi desa yang pengerjaannya dilakukan oleh para petani atau penduduk setempat yang tergabung dalam Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A),” terang dia.

Kondisi saluran irigasi yang baik sambung Imam, akan mengurangi kehilangan air irigasi sehingga bisa optimal dialirkan ke areal pesawahan milik para petani .

“ Progres pengerjaannya sudah mencapai 95 persen. Kami pastikan sebelum musim penghujan sudah rampung,” pungkasnya.

Selain itu lanjut imam kami juga memanfaatkan teknologi Pesawat Drone untuk Mutual Cek (MC) Pisik,  sehingga pekerjaan pisiknya akurat  dilapangan kata imam.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here