Seleksi Olahraga Tradisional Tingkat Wanaraja Digelar

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Keceriaan nampak terlihat dari raut muka para peserta olahraga tradisional tingkat SD/sederajat di Kecamatan Wanaraja Garut.

Mereka mengikuti berbagai Perlombaan (seleksi) diantaranya, Cabang olahraga (Cabor) Hadang (Gobak Sodor) , Sumpitan (Meniup Sumpit berisi Anak Panah), Dangongan (Mempergunakan Bambu Sebagai alat untuk saling mendorong atara regu yang satu dengan yang lain), Egrang (Berjalan Mengunakan Bambu), Taropah Panjang (Bakiak Cros).

Demikian diungkapkan Ketua Panitia tingkat Kecamatan Wanaraja, Hasan Mansur yang juga selaku guru olahraga SDN Wanasari 2. Menurutnya setiap cabor yang diseleksi merupakan ajang beregu bukan perseorangan.

” Seleksi ini merupakan beregu bukan perseorangan,” kata Hasan kepada wartawan, Kamis (17/10/2019).

Anak-anak dengan antusias mengikuti berbagai perlombaan olah raga tradisional

Dikatakan Hasan, perlombaan atau seleksi ini merupakan sosialisasi atau memperkenalkan kembali olahraga tradisional yang selama ini hampir punah atau tergantikan dengan olah raga modern.

” Juga dalam rangka mempersiapkan perlombaan ditingkat Kabupaten yang akan digelar 29-30 Oktober mendatang,” imbuhnya.

Hasan menambahkan, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan Dinas Pemuda dan olahraga Kabupaten Garut dan Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI).

Peserta yang mengikuti seleksi hari ini lanjut dia, dari 30 SDN yang mengikuti hanya 21 SD. Setiap regu melibatkan minimal 3 anak dan maksimal 6 anak.

” Kami mewakili korwil Pendidikan Kecamatan Wanaraja siap mengirimkan anak hasil seleksi untuk mengikuti perlombaan yang akan di gelar akhir Oktober 2019 mendatang di Kabupaten Garut,” pungkas Hasan.

(MRF/Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here