Sembilan Manfaat Kencur, No 1 Penting untuk Kesehatan Kita

kencur inewsonline.co.id
Kencur (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Kencur (Kaempferia galanga L) adalah salah satu jenis empon-empon/tanaman obat yang tergolong dalam suku temu-temuan (Zingiberaceae). Rimpang atau rizoma tanaman ini mengandung minyak atsiri dan alkaloid yang dimanfaatkan sebagai stimulan.

Nama lainnya adalah cekur (Malaysia) dan pro hom (Thailand). Dalam pustaka internasional (bahasa Inggris) kerap terjadi kekacauan dengan menyebut kencur sebagai lesser galangal (Alpinia officinarum) maupun zedoary (temu putih), yang sebetulnya spesies yang berbeda dan bukan merupakan rempah pengganti.

kencur inewsonline.co.id
Kencur (foto web)

Baca Juga: Ini Loh Manfaat Bunga Kastuba untuk Anda

Kencur merupakan temu kecil yang tumbuh subur di daerah dataran rendah atau pegunungan yang tanahnya gembur dan tidak terlalu banyak air.

Jumlah helaian daun kencur tidak lebih dari 2-3 lembar (jarang 5) dengan susunan berhadapan, tumbuh menggeletak di atas permukaan tanah.

Bunga Majemuk tersusun setengah duduk dengan kuntum bunga berjumlah antara 4 sampai 12 buah, bibir bunga (labellum) berwarna lembayung dengan warna putih lebih dominan.

Tumbuhan ini tumbuh baik pada musim penghujan. Kencur dapat ditanam dalam pot atau di kebun yang cukup sinar matahari, tidak terlalu basah dan setengah ternaungi.

Kaempferia galanga kemungkinan berasal dari India. Tanaman ini dibudidayakan secara meluas di Asia Tenggara, Cina Selatan, nusantara hingga Maluku dan kemungkinan pula diintroduksi ke Australia Utara.

kencur inewsonline.co.id
(foto web)

Dalam bahasa Jawa dan Indonesia dikenal di berbagai tempat dengan nama yang berbeda-beda: cikur (Sunda), ceuko (Aceh) kaciwer (Bali), kencor (Madura), cekuh ( Bali),

Berbagai masakan tradisional Indonesia dan jamu menggunakan kencur sebagai bagian resepnya. Tanaman ini dipakai orang sebagai tonikum dengan khasiat menambah nafsu makan sehingga sering diberikan kepada anak-anak.

Berikut beberapa manfaat:

  1. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Meningkatkan aliran empedu, sedangkan cairan empedu untuk melancarkan penyerapan makanan dalam tubuh, sehingga dapat menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh.

  1. Memelihara Kesehatan Tubuh

Mengandung banyak antioksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Selain itu dapat melawan berbagai macam penyakit yang ingin masuk kedalam tubuh, serta memelihara kesehatan tubuh. Caranya mengonsumsi jamu beras kencur.

  1. Menambah Nafsu Makan

Memiliki kandungan minyak atsiri yang bersifat carminative yang bisa menambah nafsu makan seseorang. 

  1. Melangsingkan Tubuh

Tanaman ini secara alami bisa sebagai obat pelangsing tubuh. Karena kandungannya dapat membakar lemak dalam tubuh secara efektif. Caranya, mengonsumsinya melalui ramuan.

  1. Mengurangi Radang Sendi

Tanaman ini memiliki kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai anti radang yang sama dengan fenilbutazon 100 miligram yang dapat mengurangi nyeri sendi dan radang pada sendi. 

  1. Obat Batuk

Untuk mengobati batuk yang belum begitu parah. Caranya, cuci sampai bersih kemudian kupas kulitnya. Setelah itu parut dan peras untuk mendapatkan sarinya. Campurkan dengan sedikit garam bila perlu campurkan setetes air jeruk nipis dan sedikit madu.  Lalu mimunlah sehari 3 kali agar batuk cepat sembuh.

  1. Mengobati Kembung

Caranya cuci bersih kemudian kupas, anda dapat memakan atau mengunyah mentah dengan sedikit campuran sedikit garam. Kemudian minumlah air hangat, lakukan sehari 2 kali.

  1. Untuk Obat Influenza

Kencur dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti influenza. Caranya, tumbuk halus 1 rimpang kencur seukuran ibu jari dan daun kemukus, lalu oleskan di hidung.

  1. Membersihkan Darah Kotor

Kencur juga dapat membersihkan darah kotor atau menghilangkan darah kotor. Caranya, cuci bersih 4 rimpang buah kencur, 2 cengkeh kering, adas dan 2 lembar daun trengguli. Campurkan semuanya menjadi satu kedalam panci yang sudah berisi 1 liter air, rebus sampai mendidih. Sebelum diminum saring dan minumlah sehari 2 kali. Semoga Bermanfaat!!!

(Frima/berbagai sumber)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here