Soal Unras Pelajar, Ini Langkah Proaktif yang Dilakukan Disdik Jabar

Kadisdik Jawa Barat (Foto Humas)

BANDUNG, iNEWSOnline.co.id: Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jabar sudah menempuh sejumlah langkah proaktif terkait Unjuk Rasa (Unras) pelajar atau peserta didik SMA/SMK.

Diantaranya, menerbitkan nota dinas untuk memastikan semua peserta didik mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Kepala Sekolah dan guru harus memantau seluruh anak didiknya.

“ Para guru diharapkan dapat memberikan pemahaman dan pengertian untuk melindungi para siswa dari provokasi pihak yang tidak bertanggung jawab,” kata Kepala Disdik Jabar Dewi Sartika.

Menurut Dewi, pihaknya juga telah membangun komunikasi dan koordinasi dengan semua komunitas pendidikan. Mulai dari Kadisdik kabupaten/kota se-Jabar, kepala sekolah, sampai jajaran kepolisian.

Berdasarkan surat edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) nomor 9 tahun 2019, Kepala Sekolah dan guru harus melakukan langkah-langkah pencegahan dan penanganan soal unjuk rasa di kalangan pelajar.

Selain mengawasi dan melindungi keamanan dan keselamatan peserta didik di dalam maupun luar sekolah, kepala sekolah dan guru wajib menjalin kerja sama dengan orang tua dan wali sekolah, serta membangun komunikasi yang harmonis dengan peserta didik.

(Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here