Sukaluyu Darurat Air, Pj Kades Sukaluyu: Pemerintah Desa Sudah Ajukan Permohonan Air Bersih

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Guna memenuhi kebutuhan warga masyarakat Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Garut, Pemerintahan Desa Sukaluyu sudah mengajukan permohonan bantuan pengiriman air bersih.

Demikian diungkapkan Penjabat (Pj) Kepala Desa Sukaluyu, Yuddy Kuswanadipura. Menurutnya, pihaknya sudah jauh-jauh hari mengajukan permohonan bantuan air bersih.

” Untuk penanganan jangka pendek, telah disampaikan permohonan bantuan pengiriman air bersih,” kata Yuddy kepada  iNEWSOnline.co.id,, melalui pesawat telpon, Selasa (1/10/2019).

Dan lanjut Yuddy, untuk penanggulangan  jangka panjang di telah disiapkan program Sarana Air Bersih (sumur bor).

” Tahun 2020 sudah disiapkan program Sarana air Bersih di tiap RW yang dinilai kekurangan air bersih,” imbuhnya.

Yudi menambahkan, tidak menutup kemungkinan di tahun 2020 telah disiapkan pula  program pendataan profil desa. Sehingga diharapkan didapat data akurat tentang potensi SDA khususnya ketersediaan sumber air.

Dikabarkan sebelumnya, Memasuki musim kemarau yang berkepanjangan,  warga masyarakat Desa Sukaluyu Kecamatan Sukawening Garut kekurangan pasokan air bersih. Mereka rela antri menunggu giliran guna memenuhi kebutuhan akan air bersih disalah satu sumur yang kebetulan masih terdapat  air.

Salah seorang warga RW 04, Rani Marliani, mengatakan, dirinya bersama warga lainnya saban hari antri menunggu giliran mengambil air guna memenuhi kebutuhan sehari hari seperti, mandi, cuci dan untuk dikonsumsi minum.

” Sumur warga sebagian kering, maka harus antri mengambil air,” kata Rani kepada iNEWSonline.co.id, Selasa (1/10/2019).

Disebutkan Rani, memang ada sumber air di situ Jaruju namun jarak tempuhnya yang jauh  dan akses jalannya sangat sulit.

” Jarak rumah ke situ Jaruju kurang lebih 1 km. Dan bila memotong jalan harus melewati pematang sawah yang jalan nya kecil,” kata Rani.

Hal senada disebutkan warga RW 03, Mugio SP. Menurutnya kekurangan air ini tidak hanya terjadi di RW 03 tapi semua warga Sukaluyu kini kekurangan air bersih.

” Dengan terpaksa kami memikul air dalam jariken dari sumber air situ Jaruju dengan jarak yang sangat jauh,” ujar Mugio.

Disebutkan Mugio, sejauh ini belum adanya bantuan air bersih dari pemerintah. Padahal warga kekurangan air bersih ini sudah hampir 4 bulan.

” Saya bersama warga lainnya sangat mengharapkan uluran tangan pemerintah guna menyuplai air bersih,” singkatnya.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here