Sukaluyu Tingkatkan Kapasitas Perangkat dan Lembaga Desa

sukaluyu inewsonline.co.id
Pelatihan

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Pemerintah Desa (Pemdes) Sukaluyu Kecamatan Sukawening Kabupaten Garut menggelar acara Pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat dan Lembaga Desa Tahun Anggaran 2021.

Ketua Panitia Pelaksana, Tatang Kuswandi melaporkan, alokasi angaran kegiatan ini diambil dari Dana Desa Tahun 2021.

” Acara ini diikuti oleh 11 perangkat dan 11 RW. Adapun besaran anggaran sebesar Rp21 juta,” kata Tatang kepada iNEWSOnline.co.id, Kamis (30/12/2021).

sukaluyu inewsonline.co.id
Ilustrasi (foto web)

BACA JUGA: Peringati Hari Disabilitas PTPN VIII Gelar Baksos

Kepala Desa Sukaluyu, Asep Kurniawan, mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat dimana dapat menambahkan ilmu pengetahuan yang nantinya bisa diimplememtasikan di lapangan.

” Kegiatan ini sangat bermanfaat. Menambah ilmu guna meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat,” sebut Kades.

Diakui Asep, selama kepemimpinannya, segi pelayanan masih belum maksimal. Untuk itu diharapkan kinerja aparatur ke depan bisa lebih maju dan kompak.

” Kekurangan bisa diatasi dengan kerjasama baik aparatur dengan Lembaga Desa yang ada,” singkat dia.

Sementara itu, Ketua BPD Sukaluyu, Hayun Saprudin, mensosialisasikan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) no 73 tahun 2020 tentang  Pengawasan Keuangan Desa dan Permendagri no 114 tahun 2014 Tentang Pembangunan Desa.

” Diharapkan Pemdes selalu mengacu pada aturan sebagai pedoman dalam melaksanakan perencanaan hingga pelaksanaan pembangunan, ” pinta Hayun.

Dirinya pun menyoroti, dalam pelaporan harus terperinci dan tersusun dengan rapi. Jangan sampai laporan anggaran hanya nominal saja.

” Ingat ini uang negara, sekecil apapun pengeluaran keuangan harus dipertanggungjawabkan,” tegas Hayun.

Hadir pada kesempatan tersebut, Sekmat Sukawening, Kasi PMD Sukawening, Bhabinkamtibmas Desa Sukaluyu, Perangkat dan Lembaga Desa.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here