Tak Terima Keputusan KPU Garut, Timgab PASTI Ajukan Keberatan

Ketua Tim Gab dan Ketua Tim Advokasi (Foto. Fitri)

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Tim Gabungan (Timgab) Pasangan Agus Supriadi Teh Imas (PASTI) yang diusung Partai Demokrat (PD)-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengajukan klarifikasi keberatan terhadap Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut.

“ Kami keberatan atas putusan penetapan tersebut. Ini tidak jujur, tidak adil dan syarat muatan politis dari segi administratif,” kata Ketua Timgab pemenangan PASTI, Galih Fahrudin, Senin (12/2/2018).

Menurutnya, Agus Supriadi sebagai mantan Napi sudah mendapatkan SK Menkumham yang telah dilegitimasi keterangan Bapas Sukamiskin yang menyatakan semuanya sedang dalam proses.

“ Jika beliau belum beres atau belum keluar, tentunya sudah ditangkap kembali dan ditahan. Karenanya, kami akan menempuh jalur hukum untuk menggugat KPU Kabupaten Garut,” sebut Galih.

Ketua KPU Kabupaten Garut, Hilwan Fanaqi mempersilahkannya untuk mengajukan gugatan ke Panwaslu.

“ Jika kami dipandang tidak netral, tentunya siap dipanggil Dewan Kehormatan Penyelenggaran Pemilu (DKPP),” ujar dia.

Menanggapi hal itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Garut, Heri Hasan Basri berjanji akan menindaklanjuti jika ada gugatan terhadap keputusan KPU. Meski begitu, gugatan tersebut tidak bisa langsung ditanggapi hari ini.

“ Ya, maksimal tiga hari setelah penetapan SK,” singkatnya.

Sebelumnya NEWSOnline mengabarkan, berdasarkan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut , Nomor : 87/PL.03.3-P/3205/KPU-Kab/II/2018 tentang Penetapan Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati, dua  Paslon dinyatakan tidak memenuhi persyaratan administrasi.

Kedua Paslon tersebut adalah, Pasangan Agus Supriadi Teh Imas (PASTI) yang diusung Partai Demokrat-Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Soni Sondani-Usep Nurdin dari jalur perseorangan.

(Fitri/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here