Talas Dipercaya Bisa Cegah Diabetes

talas inewsonline.co.id
Talas (foto web)

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Talas (Colocasia esculenta L., suku talas-talasan atau Araceae) merupakan tumbuhan penghasil umbi-umbian yang cukup penting bagi kesehatan kita.

talas inewsonline.co.id
Umbi Talas (Foto Web)

Berikut manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh:

  1. Mencegah Diabetes

Serat yang terkandung di dalam umbi ini sangat berguna untuk mengontrol kadar glikemik. Ѕehingga bisa mencegah risiko penyakit diabetes. Serat alaminya bisa mengatur pelepasan insulin dan glukosa dalam tubuh.

Baca Juga: Dengan Cara Ini Payudara Anda Besar Secara Alami

Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi akan membantu mencegah peningkatan gula darah naik, sehingga akan terhindar serangan penyakit diabetes. Selain itu bagi penderita diabetes juga bisa menggunakan umbi ini sebagai pengganti nasi.

  1. Sebagai Sumber Energi

Kandungan karbohidrat kompleks pada umbi talas adalah sumber kalori yang bisa diubah menjadi energi bagi tubuh. Kalori pada umbi ini berasal dari karbohidrat kompleks yang disebut sebagai amilopektin dan amilosa.

Tetapi umbiini sangat rendah lemak dan protein jika dibandingkan dengan kacang-kacangan. Tingkat proteinnya sebanding dengan sumber makanan lainnya seperti ubi dan singkong yang menjadi makanan pokok pengganti nasi.

  1. Baik untuk Penglihatan

Salah satu khasiat talas yang unik adalah baik untuk penglihatan. Karena di dalamnya terkandung berbagai macam zat betakaroten dan cryptoxanthin. Kedua zat tersebut adalah antioksidan yang kuat.

Antioksidan bisa membantu memperbaiki penglihatan dengan cara  melawan radikal bebas yang bisa memicu degenerasi makula dan katarak.

  1. Mengatur Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Penyakit Jantung

Kandungan kalium pada ubi talas sangat tinggi. Zat tersebut akan membantu dalam mendistribusikan cairan sehat ke seluruh jaringan tubuh. itu berarti, tekanan yang terjadi pada pembuluh darah bisa dikurangi sehingga jantung jadi lebih sehat. Oleh sebab itu, sering-seringlah mengonsumsi umbi ini jika tidak ingin terkena serangan jantung.

  1. Melawan Kanker

Ubi talas mempunyai sifat antioksidan yang berasal dari betakaroten, vitamin C, dan beberapa zat fenolik lainnya. Antioksidan inilah yang nantinya akan menangkal radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

Selain itu, zat lain yang tersimpan di dalamnya adalah cryptoanthin yang bisa melawan kanker paru-paru dan kanker mulut.

  1. Mengurangi Nyeri Otot dan Sendi

Gaya hidup yang tidak sehat, terutama pola makan yang tidak benar bisa menimbulkan masalah dalam jangka panjang. Salah satunya adalah gangguan nyeri otot dan nyeri sendi.

Untuk mengatasi hal tersebut, anda bisa menggunakan cara tradisional, yakni dengan cara menumbuk umbi talas atau diblender, tambahkan cuka beras putih dan 2 sdt minyak wijen, aduk sampai rata. Setelah itu oleskan pada sendi yang sakit.

  1. Mengatasi Kelelahan

Indeks glikemiks pada umbi talas sudah dikurangi, kandungan zat tersebut sangat baik bagi atlet untuk mengatasi kelelahan. Setelah melakukan latihan yang sangat menguras energi, mengonsumsi umbi ini bisa memberikan tambahan energi tanpa harus menambah glukosa yang bisa memberikan efek negatif jangka panjang pada tubuh.

(Frima/FOKUSJabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here