Telpon Umum Koin Tinggal Kenangan

telpon umum koin inewsonline.co.id
Telpon umum koin di depan kantor Kecamatan Tarogong Kidul

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Telpon umum koin merupakan salah satu sarana komunikasi idaman seluruh masyarakat, khususnya para kawula muda.

Betapa tidak, karena kerap digunakan sebagai alat komunikasi dengan sang kekasih dan juga digunakan untuk berinteraksi saling mengirim lagu melalui stasiun radio.

Namun seiring kemajuan teknologi, keberadaan telpon umum sudah tergeser dan sirna. Kini, tinggal menyisakan sebuah kenangan.

Baca Juga: 7 Manfaat Lidah Mertua dan Cara Menanamnya

Dimasa kejayaannya, uang logam koin menjadi berharga dan buruan para kawula muda. Tak heran, jika kemanapun pasti dibawa. Kenapa waktu itu telpon umum koin menjadi idola? Karena jika kita menggunakan jasa Warung Telpon (Wartel) biayanya cukup lumayan mahal.

Oleh sebab itu, telpon umum koin menjadi alternatif, kendati harus rela mengantre atapun keluar tengah malam hanya untuk sekedar menelpon.

Menurut tokoh muda Kecamatan Malangbong, Asep, sarana telekomunikasi tersebut menyimpan sejumlah kenangan. Salah satunya, tak segan-segan membanting gagang telpon dengan keras saat bertengkar dengan pacar.

“ Kita sangat menghargai betapa pentingnya telpon umum koin kala itu,” kenang Asep, Selasa (20/2/2018).

Setelah habis masa kejayaannya, kini nasib telpon umum hanya tinggal kenangan. Keberadaannya hanya tinggal penghias di sekitar Jalan Raya, pusat perbelanjaan atau tempat penting lainnya.

Perkembangan teknologi komunikasi lanjut Asep memang kejam. Sarana telekomunikasi tersebut kini hanya jadi saksi bisu sejarah dimasa kejayaannya.

Hal senada dilontarkan salah satu pendidik (guru) Kecamatan Talegong, Heryanti. Sarana telekomunikasi yang dikeluarkan sebuah perusahaan ternama di Indonesia sekitar tahun 1981 kini tinggal kenangan.

Bagi dia, sarana telekomunikasi tersebut menyimpan kenangan indah bersama sang kekasih yang kini telah resmi menjadi pasangan hidupnya. Alat komunikasi tersebut menjadi pelepas kangen ketika si-doi berhalangan apel di malam minggu.

“ Hanya dengan mengeluarkan uang koin Rp100, saya bisa memakai fasilitas telpon umum dan berkomunikasi dengan pacar,” ucap Heryanti.

(Frima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here