Tidak Puas dengan Kinerja Panitia Pilkades Wanaraja, Yudi Layangkan Surat Gugatan

Tidak Puas dengan Kinerja Panitia Pilkades Wanaraja, Yudi Layangkan Surat Gugatan (Foto Ridwan)

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Tidak puas dengan kinerja panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan hasil seleksi, Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) Wanaraja, Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut, Yudi Hazam Gumilar melayangkan surat gugatan, Rabu (16/10/2019).

Menurut Yudi, pemberkasan tidak sesuai dengan aturan. Yakni, pemberitahuan surat resmi dari panitia tidak disertai nomor registrasi dan pemberitahuan melalui layanan WhatsApp (WA).

Pegumuman pendaftaraan Kades tercantum per tanggal 16-26 September 2019. Secara lisan dan WA ada perpanjangan untuk melengkapi persyaratan hingga 10 Oktober 2019. Namun, tidak disertai surat edaran yang disertai nomor registrasi.

Selain itu, Yudi juga meminta pihak panitia melakukan pemeriksaan ulang berkas kelengkapan administrasi seluruh Balon Kades. Terutama ijazah dan legalisir ijazah SD/SMP yang mesti disahkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten dan ijazah SMA dilegalisir oleh Disdik Provinsi Jawa Barat.

Crosscheck juga keabsahan legalisir Surat Keputusan (SK) organisasi kemasyarakatan yang dilampirkan seluruh Balon Kades dan memeriksa kembali hasil tes yang dilakukan pada hari Selasa (15/10/2019) kemarin.

Yang lebih mengherankan lagi sambung Yudi, salah satu Balon Kades tidak diperkenankan mengoreksi atau memeriksa kelengkapan administrasi Balon Kades yang lain.

“ Selama mengikuti tahapan Pilkades, saya menilai banyak kejanggalan yang dilakukan pihak panitia. Untuk keadilan, saya minta pertanggungjawaban panitia,” tegas Yudi kepada iNEWSOnline.co.id, Rabu (16/10/2019).

Seperti diketahui, Panitia Pilkades Wanaraja, Selasa (15/10/2019) kemarin melakukan seleksi tes tertulis terhadap tujuh orang Balon Kades) di Aula Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Seleksi dilakukan karena Balon Kades lebih dari lima orang. Hal itu sesuai dengan aturan Permendagri 112 Tahun 2014 Pasal 26. Dimana, jika Balon lebih dari lima orang, maka harus dilakukan seleksi untuk ditetapkan menjadi Calon.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here