Tingkatkan Kamtibmas, Linmas di Desa Sukalilah Garut Dibekali Handy Talky

Penyerahan HT ke Linmas

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Untuk meningkatkan keamanan di wilayahnya, Kepala Desa (Kades) Sukalilah, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Garut bekali para anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dengan alat komunikasi Handy Talky (HT).

“Kami berikan alat ini sebagai sarana pendukung bagi Linmas dalam menjalankan tugas Kamtibmas. Mereka bisa menyampaikan informasi setiap ada kejadian yang ada di tengah masyarakat. Terlebih, saat ini tengah tengah mewabah Corona Virus Disease (Covid-19) dan pemerintah membebaskan sejumlah Napi dengan alasan tertentu. Tentu Kami khawatir berdampak kejadian kriminal di desa kami,“ kata Kades Sukalilah, Asep Haris.

“HT juga mempermudah sekaligus membantu tugas aparat Kepolisian dan TNI melakukan pengamanan dan menyampaikan informasi dengan cepat,” sambungnya.

Menurut Asep, dari 30 orang petugas Linmas, baru enam orang yang dibekali HT (komandan regu).

“ Insya Allah, ke depan semua anggota dilengkapi semuanya,” ujar dia.

Sebut Kades, memasuki bulan suci Ramadhan 1441 H, seluruh anggota Linmas bertugas menjaga Kamtibmas. Bahkan, mereka juga melakukan pengamanan dengan berpatroli keliling kampung.

Hal tersebut dilakukan agar masyarakat merasa tenang dan nyaman. Sehingga tidak perlu khawatir dari aksi pencurian, ataupun tindakan kejahatan lainnya.

“Selain berpatroli keliling kampung, petugas Linmas juga melakukan pengamanan di setiap masjid saat masyarakat tengah melaksanakan sholat tarawih,” ungkapnya.

Camat Sukaresmi, Heri Heryawan mengapresiasi langkah Kades Sukalilah memberikan HT kepada Linmas sebagai sarana pendukung komunikasi dalam bertugas melakukan pengamanan.

“Tentu Saya apresiasi inisiasi yang dilakukan Kades Sukalilah yang telah memberikan HT sebagai alat pendukung informasi kepada anggota Linmas,” ujarnya.

Camat mengaku bahwa baru kali pertama di Kecamatan Sukaresmi, Kades memberikan fasilitas alat komunikasi kepada anggota Linmas. Dengan begitu, mereka dapat memberikan informasi kegiatan yang ada di masyarakat.

“Harapan saya, langkah baik dan positif ini dapat diikuti oleh seluruh Kades,” pungkas dia.

 (Adam B/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here