Tujuh Manfaat Daun Singkong, No 5 Dicari Kaum Hawa

singkong inewsonline.co.id
Daun Singkong (foto web)

BANDUNG,iNEWSOnline.co.id: Ketela pohon, ubi kayu atau singkong (Manihot utilissima) adalah perdu tahunan tropika dan subtropika dari suku Euphorbiaceae. Umbinya dikenal luas sebagai makanan pokok penghasil karbohidrat dan daunnya sebagai sayuran.

Pohon singkong bisa mencapai 7 meter dengan cabang agak jarang. Akar tunggang dengan sejumlah akar cabang yang kemudian membesar menjadi umbi akar yang dapat dimakan. Ukuran umbi rata-rata bergaris tengah 2–3 cm dan panjang 50–80 cm, tergantung dari klon/kultivar.

singkong inewsonline.co.id
Daun Singkong (foto web)

Baca Juga: 11 Manfaat Ngonsumsi Wortel Mentah untuk Anda

Bagian dalam umbinya berwarna putih atau kekuning-kuningan. Umbi singkong tidak tahan simpan meskipun ditempatkan di lemari pendingin. Gejala kerusakan ditandai dengan keluarnya warna biru gelap akibat terbentuknya asam sianida yang bersifat meracun bagi manusia.

Manfaat daun singkong dapat kita jadikan rujukan melalui kandungan gizinya. Namun telah beredar di masyarakat luas sangat cocok untuk berbagai pengobatan serta keluhan penyakit.

Beberapa nutrisi berharga, tekandung didalam daun singkong. Seperti vitamin B1, vitamin A, asam amino essensial dan karboidrat. Hal ini tentunya sangat baik apabila dikonsumsi.

Berikut beberapa manfaatnya:

  1. Membantu Metabolisme Tubuh

Sumber protein nabati yang sangat besar karena banyak mengandung vitamin B. Vitamin B sangat diperlukan untuk membangun sel-sel tubuh yang akan membentuk enzim-enzim yang membantu metabolisme tubuh.

  1. Sumber Energi

Kandungan berbagai protein atau asam amino essensial pada daunnya sangat membantu memberikan energi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Asam amino essensial-nya membantu perubahan karbohidrat menjadi energi yang akan digunakan tubuh beraktivitas.

  1. Sumber Antioksidan

Sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dan membuang radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas ini sendiri merupakan salah satu penyebab berbagai penyakit berbahaya seperti kanker dan dalam bidang kecantikan dapat menyebabkan penuaan dini.

  1. Pembentukan dan Regenerasi Sel Tubuh

Asam amino essensial yang terdapat dalam daunnya merupakan salah satu sumber penting dalam menjaga dan meregenerasi sel dalam tubuh manusia. Asam amino merupakan protein yang dapat membantu dalam menumbuhkan sel yang rusak serta memberikan pembaharuan terhadap sel dalam tubuh agar tetap berfungsi normal.

  1. Diet

Sangat baik digunakan untuk diet karena banyak mengandung serat dan protein.

  1. Baik untuk Pencernaan

Hampir semua orang tahu bahwa serat sayuran sangat baik untuk pencernaan sehingga dapat membantu menyehatkan usus besar manusia. Begitu juga dengan daun ketela pohon ini. 

  1. Penambah Darah

Daun singkong adalah sayuran penambah darah yang sangat ampuh menambah darah jika anda sedang terkena anemia.

(Frima/fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here