UPT Puskesmas Bagendit Gencar Sosialisasikan Program BIAS, UKS dan Dokcil

GARUT, iNEWSOnline.co.id : UPT Puskesmas Bagendit, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut tengah gencar menyosialisasikan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Dokter Cilik (Dokcil).

Kepala UPT Puskesmas Bagendit, Kadar Wilasmana mengatakan, sasaran program BIAS, UKS dan Dokcil adalah guru beserta peserta didik Sekolah Dasar (SD).

” Hari ini diadakan sosialisasi tentang Program BIAS, UKS dan Dokcil,” kata Kadar usai membuka sosialisasi, bertempat di Ruang Rapat UPT Puskesmas Bagendit, Senin (12/8/2019).

Program BIAS pada bulan Agustus, sasaran Kelas 1 (Imunisasi Campak). BIAS bulan November, sasaran kelas I, II dan V. Dimana kelas 1 (Imunisasi DT) dan kelas II dan V (Imunisasi TD).

” Untuk program UKS sharing ilmu guru UKS dan ditargetkan tahun ini pembentukan DOKCIL dan persiapan penjaringan anak sekolah yang akan dilaksanakan pada akhir Agustus – September 2019,” terang kadar.

Sementara itu Pemegang program UKS, Inka Iskandar menyebut, tujuan program UKS, meningkatkan kemampuan perilaku hidup bersih dan sehat dan derajat kesehatan siswa serta menciptakan lingkungan yang sehat.

Sehingga memungkinkan pertumbuhan dan perkembangan yang harmonis dan optimal.

Inka Iskandar saat memberikan materi dihadapan guru UKS

Memupuk kebiasaan perilaku hidup bersih dan sehat dan meningkatkan derajat kesehatan siswa yang mencakup, memiliki pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk melaksanakan prinsip hidup bersih dan sehat.

Selain itu, berpratisipasi aktif di dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah perguruan agama, di rumah tangga maupun di lingkungan masyarakat.

Sehat fisik, mental maupun sosial. Memiliki daya hayat dan daya tangkal terhadap pengaruh buruk penyalahgunaan NAPZA.

Untuk program Dokcil, lanjut Inka, siswa yang memenuhi kriteria dan telah terlatih untuk ikut melaksanakan sebagian usaha pemeliharaan dan peningkatan kesehatan terhadap diri sendiri, teman, keluarga dan lingkungannya.

” Tujuan adanya Dokcil, meningkatnya partisipasi siswa dalam program UKS,” terang Inka.

Adapun tujuan khususnya, agar siswa dapat menjadi penggerak hidup sehat di sekolah, di rumah dan lingkungannya. Agar siswa dapat menolong dirinya sendiri, sesama siswa dan orang lain untuk hidup sehat.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here