UPT Puskesmas Cimaragas Garut Gencar Sosialisasikan Germas

UPT Puskesmas Cimaragas Garut Gencar Sosialisasikan Germas

GARUT, iNEWSOnline.co.id: UPT Puskesmas Cimaragas, Kecamatan Pangatikan, Kabupaten Garut, tengah gencar sosialisasikan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

UPT Puskesmas Cimaragas Garut Gencar Sosialisasikan Germas

Sosialisasi tersebut dikemas melalui kegiatan Senam Bersama di halaman Kantor Kecamatan Pangatikan, Senin (12/8/2019).

Kepala UPT Puskesmas Cimaragas, Hj. Ai Sri Suminarsih mengatakan, Senam Bersama dilakukan sebagai penguatan upaya promotif dan preventif bagi masyarakat. Tujuannya, menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular. Baik kematian ataupun kecacatan.

Selain itu, untuk menghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan kesehatan karena meningkatnya penyakit.

“ Gerakan ini fokus kepada tiga pokok. Yaitu, meningkatkan fisik, konsumsi sayur dan buah serta deteksi dini penyakit tidak menular,“ beber Ai Sri.

Dalam sehari kata Ai Sri, Germas dapat dilakukan dengan aktivitas fisik sekitar 30 menit, mengonsumsi sayur dan buah, tidak merokok, tidak minum alkohol, memeriksa secara rutin kesehatan, membersihkan lingkungan serta menggunakan jamban.

Dia berharap, masyarakat terbiasa menjaga pola hidup,  menjaga kesehatan keluarga dan lingkungan masyarakat.

“ Membiasakan pola hidup sehat merupakan praktek hidup sehat juga merupakan satu wujud nyata dari revolusi mental,” ucapnya.

Untuk itu, melalui Germas, Ai Sri mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat atau merubah kebiasaan (perilaku) tidak sehat.

“ Kami bersama pihak Pemerintah Kecamatan dan seluruh kader akan mengadakan Germas di tingkat desa untuk kesehatan bersama. Mencegah lebih baik dari pada mengobati,“ pungkas Ai Sri.

(MRF/Bang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here