Wow! Ayam Pelung Wanaraja Garut Menyebar ke Luar Pulau Jawa

ayam pelung inewsonline.co.id
foto web

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Ayam Pelung merupakan rasa yam lokal unggul dari daerah Cianjur, Jawa Barat. Hewan ternak ini diseleksi karena suara kokokannya yang panjang dan memiliki lagu.

Ukuran Ayam Pelung relatif besar dengan bulu yang berkilau. Tidak ada standar khusus untuk fisik, tetapi telah ada standar bagi alunan suara kokokannya.

ayam pelung inewsonline.co.id
foto web

Konon, penangkar pertama Ayam Pelung adalah seorang petani dan tokoh agama dari Desa Bunikasih, Kecamatan Warungkondang, Cianjur, Djarkasih (Mama’ Acih) pada tahun 1850 dengan mengambil seekor ayam jantan muda yang diamatinya memiliki kokokan lebih panjang daripada yang lainnya.

Baca Juga: Insomnia Bisa Diatasi dengan 8 Cara Sederhana Ini

Penangkaran dilakukan pertama kali dengan mengawinsilangkan dengan ayam betina biasa.

Kontes dan lomba hewan ternak ini telah menjadi kegiatan rutin bagi para penggemar fanatiknya. Bahkan, dalam kunjungan ke Indonesia, Pangeran Mahkota Naruhito dari Negara Sakura (Jepang)  yang dikenal sebagai pemulia ayam ras, menaruh perhatian terhadap ras ini dan membawa beberapa contoh ke Jepang untuk dikembangbiakkan.

Keberadaannya pun sudah menyebar ke seluruh penjuru daerah di Indonesia. Sebut salah satunya di wilayah Kecamatan Wanaraja, Kabupaten Garut.

Peternak asal Wanaraja, Ali Nurdin (Bos Ceceng) mengatakan, budidaya tersebut sudah dia tekuni sejak lama.

Menurut dia, kualitas ayamnya bermutu tinggi dan sehat. Pasalnya, selain membudidayakan keturunan juara nasional juga sesuai prosedur kesehatan.

“Budidaya di sini selain menggunakan metode alami,” kata Bos Ceceng, Kamis (1/10/2020).

Bos Ceceng mengaku, hewan ternak miliknya banyak dipesan para pecinta dari luar pulau Jawa. Mereka memesan sejak baru menetas.

“Mayoritas Ayam di sini sudah dipesan oleh para pecinta dari luar pulau Jawa,” pungkas Bos Ceceng.

(Frima)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here