Wow! Buah Sawo Cegah Penuaan Dini

sawo inewsonline.co.id
Foto. web

GARUT,iNEWSOnline.co.id: Sawo Manila (Manilkara zapota) adalah pohon buah yang berumur panjang. Pohon dan buahnya dikenal dengan beberapa nama seperti sawo (Ind., Jw.), sauh atau sauh manila, atau ciku (Mly.).

Pohon yang besar dan rindang dapat tumbuh hingga setinggi 30-40 m. Bercabang rendah, batang sawo manila berkulit kasar abu-abu kehitaman sampai coklat tua. Seluruh bagiannya mengandung lateks, getah berwarna putih susu yang kental.

Baca Juga: 38 Tahun Buta,  Sumirah Luput Perhatian Pemerintah

Buah ini bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut beberaspa manfaatnya:

Melancarkan Buang Air Besar

Karena kandungan seratnya yang sangat tinggi, buah ini bermanfaat untuk melancarkan buang air besar.

Obat Diare Alami

Manfaat selanjutnya adalah sebagai obat diare yang alami. Selain sebagai obat pencahar, buah ini ternyata juga bisa mengobati diare. Cara membuatnya sangat mudah, Anda tinggal ambil beberapa buah yang sudah diperas airnya, lalu minum segera.

Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Manfaat lainnya adalah membantu pembentukan sel darah merah. Ini disebabkan karena buah tersebut banyak mengandung zat besi yang diperlukan tubuh untuk membentuk sel darah.

Oleh karena itu, bagi penderita anemia sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Lalu bagi ibu hamil juga wajib hukumnya memakan sawo, karena akan mengurangi rasa lemas akibat kekurangan darah.

Mengobati Sariawan

Buah sawo memiliki kandungan yang kaya akan vitamin C, oleh karena itulah buah ini mampu mengobati sariawan.

Mengobati Radang Mulut

Selain daging buahnya, daunnya pun bermanfat untuk kesehatan, yaitu sebagai obat radang mulut. Caranya, yaitu rebuslah beberapa lembar daun sawo, kemudian pakai untuk berkumur-kumur setiap hari.

Menjaga Kesehatan Mata

Buah yang berwarna coklat tersebut juga baik untuk menjaga kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A. Apabila Anda bosan dengan wortel mungkin sawo bisa menjadi gantinya.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat buah sawo yang lainnya adalah mencegah penuaan dini. Karena banyak mengandung vitamin E dan juga kaya akan zat antioksidan, maka buah tersebut bisa mempercantik kulit Anda. Kulit Anda akan terhindar dari keriput dan akan selalu terlihat kencang.

Sebagai Pencegah Kanker Usus

Dikarenakan memiliki kandungan serat yang banyak, maka kesehatan pencernaan Anda akan terjamin. Terutama bagi usus, kinerja usus tidak akan berat dan terhindar dari kanker apabila Anda mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti buah sawo.

Menjaga Kesehatan Tulang

Buah yang memiliki rasa manis tersebut juga mempunyai manfaat yang lain seperti menjaga kesehatan tulang. Mengapa bisa begitu? Karena pada sawo terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang sangat bagus untuk tulang.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sawo mengandung zat antioksidan dan juga vitamin C yang sangat tinggi, oleh karena itulah buah ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi orang yang mengonsumsinya.

Sebagai Sumber Energi

Dengan banyaknya kalori atau karbohidrat yang terdapat dalam sawo, maka buah tersebut sangat cocok sebagai sumber energi. Memakan beberapa buah tersebut bisa membuat perut Anda kenyang dan aktivitas Anda pun tidak akan terganggu.

Baik Bagi Ibu Hamil

Sawo mengandung banyak vitamin, mineral dan juga asam folat yang sangat baik bagi ibu hamil. Penting bagi bumil mengonsumsi buah guna membantu tumbuh kembang janin.

Sebagai Obat Pendarahan

Kandungan kalium yang terdapat dalam buah manis ini juga bermanfaat sebagai obat pendarahan. Kalium sendiri berperan sebagai zat yang mampu menghentikan darah pada bagian tubuh yang luka.

Sebagai Obat Diet Alami

Jika Anda mengalami masalah berat badan mungkin dengan mengonsumsi sawo secara rutin bisa membantu. Karena banyak mengandung kalori maka perut Anda akan merasa kenyang dan nafsu makan pun menjadi terkontrol.

Mencegah Osteoporosis

Selain dapat menjaga kesehatan tulang, buah ini juga mampu mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi akan menguatkan tulang dan Anda pun akan terhindar oleh penyakit tersebut.

Mengurangi Mual Pada Ibu Hamil

Pada ibu hamil apalagi saat hamil muda maka intensitas mual dan muntah semakin meningkat, karena pengaruh hormon. Anda pun akan mengalami istilah morning sickness dan itu menjadi hal yang lumrah.

Namun, Anda bisa menyiasatinya dengan mengonsumsi buah sawo. Pasalnya kandungan vitamin B pada buah tersebut sangat ampuh mengurangi mual dan muntah pada ibu hamil.

(Frima/Fokusjabar.id)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here