Wow! Tahun Depan, Pemkab Garut Dapat Undangan Kehormatan Ikut Pameran Kopi di UEA

Bupati Garut bersama pegiat kopi Cimaragas

GARUT, iNEWSOnline.co.id: Dinas Pertanian Kabupaten Garut kerja bareng pecinta kopi dan pegiat kopi gelar Festival Kopi Garut bertempat di Pendopo setempat, Sabtu-Minggu (7-8/12/2019).

Acara yang mengusung tema ” Wancina Ngopi Suruput Kopi Garut ” secara resmi ditutup Bupati Garut, Rudy Gunawan, Minggu (8/12/2019) malam.

Rudy Gunawan mengatakan, produk hasil bumi kopi di Kabupaten Garut sangat meningkat serta menjadi peluang industri yang baik bagi pengembangan perekonomian petani kopi.

Terlebih menurut Bupati, tahun depan Garut mendapat undangan kehormatan untuk mengikuti pameran internasional di Uni Emirat Arab (UEA). Produk yang akan dipamerkan, Kopi Garut pilihan yang bisa dijadikan bagian dari ekspor ke luar negeri.

” Tentunya melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan jaringan antara petani dengan kalangan industri. Dengan begitu, bisa meningkatkan kesejahteraan para petani kopi,” ucap Rudy.

“ Para petani kopi juga harus lebih meningkatkan pemasarannya. Selain menjual Cerry, mereka juga harus bisa mengolah dan mengemasnya agar bernilai jual tinggi,” pesan Bupati Garut.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Beni Yoga Gunasantika mengungkapkan, Festival Kopi Garut menjadi perhelatan yang sangat penting untuk memperkenalkan Kopi Garut secara luas.

“ Event ini menjadi momen penting kebangkitan kopi asli Garut dan diikuti sekitar 250 Kelompok Petani Kopi dari 28 Kecamatan dengan berbagai varian kopi,” tegas Beni.

Beni menyebut, saat ini produk kopi Garut telah menembus pasar Internasional. Terbukti, tahun ini ekspor ke Taiwan dan China sekitar 125 ton.

” Pemkab Garut memiliki keinginan bahwa produk kopi Garut lebih mendunia lagi sebagai industri yang bisa meningkatkan perekonomian,” ungkapnya.

(Tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here