Yayu : Penemuan Benda Bersejarah, Pemkab Garut Harus Segera Meneliti

garut, inewsonline.co.id

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Terkait penemuan benda yang diduga memiliki sejarah dimasa lampau, Anggota Komisi IV DPRD Garut Fraksi Demokrat , Mas Yayu Siti Sapuro, meminta Pemkab Garut untuk segera  memfasilitasi agar segera diteliti.

“ Kami meminta Pemkab Garut untuk terjun langsung ke lapangan sekaligus meneliti benda yang diduga memiliki sejarah,” kata Yayu kepada iNEWSOnline.co.id, melalui pesawat telpon, Senin (9/11/2020).

Disebutkan Yayu, menurut informasi yang berhasil dihimpun, kronologis penemuan berawal ketika salah seorang petani tengah menggali tanah untuk menanam pohon. Baru beberapa meter saja menggali ditemukan benda mirip cagar budaya purba berbentuk anting-anting, kalung, gelang dan berbagai bentuk lainnya seperti mata panah.

garut, inewsonline.co.id
Anggota DPRD Garut, Fraksi Demokrat, Mas Yayu Siti Sapuro

“ Jika dilihat dari bentuknya, ini kemungkinan besar merupakan benda peninggalan bersejarah beberapa abad lalu,” sebut Yayu.

Masih menurut legislator dua periode ini, dewasa ini, dengan rencana Daerah Otonomi  Baru (DOB) Kabupaten Garut Utara (Kabupaten Limbangan) pihaknya bersama yang lainnya tengah fokus menggali sejarah dan peradaban BL limbangan dimasa lampau.

“ Ini sangat pas, rencana DOB, penggalian sejarah selanjutnya penemuan benda bersejarah. Ini harus segera ditindaklanjuti penelitiannya. Namun dengan catatan benda tersebut akan dipertahankan menjadi asset Garut Utara,” terang Yayu.    

Baca juga: Bantai IVO Paramuda, IVO AKA 47 Kampiun Lasminingrat Cup

Untuk itu, imbuh Yayu, Pemkab Garut, harus ada kepedulian dari bidang kebudayaan.  Hal tersebut untuk  bisa memfasilitasi guna diteliti oleh bidang Arkeolog. Dan jika hal tersebut benar-benar benda peninggalan sejarah (purbakala) untuk  bisa tetap berada di limbangan.

Sementara itu, Pegiat Budaya Limbangan, Ani Suhartini, menyebutkan, dirinya mendapat laporan dari masyarakat juga para tokoh Limbangan  bahkan melihat langsung ditemukan  benda- benda Kuno. Benda itu berbentuk seperti Kalung, gelang, anting dan bejana dari tanah liat.

garut, inewsonline.co.id
Penggiat Budaya Limbangan, Ani Suhartini, tengah memperlihatkan benda diduga memiliki sejarah

“ Benda tersebut ditemukan oleh Tatang Supriatna seorang petani yang tengah menggali tanah,” sebut Ani.

Diterangkan Ani, diperkirakan benda tersebut Zaman Kerajaan Limbangan pada masa Sunan Rumenggong. Benda itu berbentuk kemungkinan  Gelang kaki dan biasanya terbuat dari emas atau logam mulia lainnya yg memiliki kualitas baik. Selain Gelang Kaki juga diperkirakan aksesoris lainnya berbentuk anting anting dan gelang gelang kecil serta kalung dari batu yang mungkin saja menyerupai Tasbih karena berjumlah 100 biji.

“ Mungki ini sebagai bukti bahwa benar Limbangan itu dulunya Kerajaan, seperti yang tertulis dalam cerita dan sejarah. Barang itu bisa saja  milik Raja Limbangan. Untuk lebih meyakinkan perlu dilakukan penelitian lebih jauh,” tutup Ani.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here