Yudi Muhamad Aulia Sebut Bupati Kaji Ulang Pemberian Mutasi Kadispora

Tokoh Masyarakat Garut dan Pemerhati Kebijakan Pemerintah, Yudi Muhamad Aulia

GARUT, iNEWSOnline.co.id : Dengan ditetapkannya Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kadispora) Kabupaten Garut sebagai tersangka. Yudi Muhamad Aulia mengingatkan Bupati Garut, Rudy Gunawan agar meninjau ulang mutasi yang dilakukan.

” Ya, saya ingatkan Bupati agar meninjau ulang kebijakan pemberian mutasi kepada yang bersangkutan,” kata Yudi kepada iNEWSOnline.co.id, Sabtu (11/7/2020).

Disebutkan Yudi, bukan alasan, aturan tersebut sudah diatur yang berpedoman pada Undang-undang No. 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalam Pasal 88 (c), ditegaskan bahwa PNS diberhentikan sementara, apabila ditahan karena menjadi tersangka tindak pidana.

Selain mengacu pada UU No.5 Tahun 2014 tentang ASN, lanjut Yudi, sebenarnya sudah punya dasar hukum tentang etika dan moral bagi pejabat yakni TAP MPR No. VI/MPR/2001 dan TAP MPR No.VIII/MPR/2001.

Dalam TAP MPR No. VI/MPR/2001 tersebut ditegaskan bahwa bagi pejabat publik yang disorot publik karena indikasi negatif harus bersedia mundur tanpa harus menunggu vonis pengadilan. Kemudian menurut TAP MPR No.VIII/MPR/2001, Pegawai Negeri yang terlibat kasus hukum dapat ditindak secara administratif tanpa harus menunggu vonis peradilan.

” Pesan moral dan etika kedua TAP MPR tersebut, menunjukkan bahwa yang sedang menjabat pun harus turun kalau terlibat masalah hukum, termasuk pejabat yang masih berstatus sebagai ‘tersangka’,” sebut Yudi yang juga selaku wakil Sekretaris DPC PPP Kabupaten-Kabupaten Garut.

Yudi menjelaskan, seandainya dan apabila dipaksakan, akan menjadi pandangan negatif terhadap Bupati Garut Rudy Gunawan di mata masyarakat.

(Rik)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here